Berita Tapin

Satu Hektare Demplot Bibit Padi Kodim 1010/Rantau di Lokpaikat Tapin Panen Melimpah

Hasil penamanam bibit yang dilakukan Kodim 1010/Rantau di Demplot Padi Sawah yang bekerjasama dengan petani Desa Lokpaikat menuai hasil.

Satu Hektare Demplot Bibit Padi Kodim 1010/Rantau di Lokpaikat Tapin Panen Melimpah
HO/Kodim 1010/Rantau
Kegiatan Kodim 1010/Rantau di laham demplot pertanian padi, Rabu (3/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Hasil penamanam bibit yang dilakukan Kodim 1010/Rantau di Demplot Padi Sawah yang bekerjasama dengan petani Desa Lokpaikat menuai hasil.

Demplot padi/sawah percontohan ini yang berada di Desa Lokpaikat Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin, panen melimpah, Rabu (3/7/2019).

Tampak hadir dalam kegiatan, Kasdim 1010/Rantau Mayor Inf Hariono didampingi Pasiter Kodim 1010/Rantau Kapten Inf Yanto Harsono, Sekretaris Distan Tapin, Kabid PSP, Kepala Desa Lokpaikat, Kepala Desa Bataratat, PPL Kec. Lokpaikat dan Petani Poktan Bingkuang.

Dalam kesempatan itu Kasdim Rantau Mayor Inf Hariono mengatakan panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, mendapatkan hasil yang optimal.

"TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal," katanya.

Baca: Program Serasi di HST, Kelola Rawa Jadi Pertanian, Rencananya Gandeng Petani Milenial

Luas lahan 1 hektar ini menjadi lahan uji coba, percontohan bibit padi berkualitas dan hasilnya 8,8 Ton, dia berharap, nantinya bisa dijadikan acuan bagi petani setempat dalam menanam tanaman padi.

Alasan dipilihnya bibit tanaman padi jenis Nabilla karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bibit tanaman padi lain.

"TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kecamaran Lokpaikat Kab. Tapin," katanya.

Di samping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia.

Baca: BERITA FOTO : Angkatan Tradisional Gerobak Sapi Masih Eksis di Kabupaten Tapin

Penanaman demplot padi sawah wilayah Kodim 1010/Rantau membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud.

Menurut Mayor Hariono, tugas tambahan yang diemban prajurit TNI, bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan. ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved