Berita Kabupaten Banjar

Soal Sampah di Jalan Pemurusdalam, Begini Penjelasan PD PBB

Onggokan sampah di tepi Jalan Pemurusdalam, Kertakhanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mengejutkan manajemen Perusahaan Daerah

Soal Sampah di Jalan Pemurusdalam, Begini Penjelasan PD PBB
banjarmasinpost.co.id/roy
RUSDIANSYAH, direktur PD PBB 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Onggokan sampah di tepi Jalan Pemurusdalam, Kertakhanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mengejutkan manajemen Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB).

Apalagi jika penanganannya disebut menjadi tanggungjawab mereka.

"Soalnya sejak merelokasi tempat sampah dari lingkungan Pasar Kertakhanyar ke Manarap beberapa waktu lalu, sejak itu pula kami membuang sampah ke Manarap itu," ucap Direktur PD PBB Rusdiansyah, Rabu (04/07/2019).

Ia menerangkan pihaknya merelokasi tempat sampah ke Manarap, karena eks tempat sampah di kawasan Pasar Kertakhanyar akan dimanfaatkan untuk pengembangan fasilitas di pasar setempat.

Baca: Penyebab Suami Rey Utami, Pablo Benua Tertawakan Laporan Fairuz A Rafiq di Kasus Galih Ginanjar

Baca: Nasib Karier Artis Korea Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Setelah Perceraian, Kontrak Iklan Putus?

Baca: Misteri Absennya Paman Peter Parker di Spider-Man Homecoming & Far From Home, Berikut Penjelasannya

Baca: Ashanty Diteriaki Udik oleh Nindy Ayunda, Olla Ramlan Bereaksi karena Ibu Aurel Hermansyah Begini

Rusdiansyah memastikan onggokan sampah yang sejak sekitar dua bulan lalu menghiasi tepian Jalan Pemurusdalam, dekat kantor Lurah Kertakhanyar 1.

Pasalnya, petugas kebersihan Pasar Kertakhanyar sejak saat itu langsung mengangkut sampah dari pedagang setempat ke Manarap.

Ia memperkirakan onggokan sampah di Jalan Pemurusdalam tersebut berasal dari sampah rumah tangga warga sekitar.

Ini mengingat selama ini ketika di lingkungan Pasar Kertakhanyar disediakan tempat sampah, sebagian warga sekitar juga ikut membuang sampah di situ.

"Bisa jadi karena sekarang merasa jauh kalau membuang sampah di Manarap, lalu akhirnya membuang sampah di tepian Jalan Pemurusdalam tersebut. Maklum, kan jarak tempat sampat yang kami letakkan di sana jaraknya memang agak jauh sekitar satu kilometer," sebut Rusdiansyah.

Karena itu, lanjutnya, pengelolaan atau penanganan sampah di Jalan Pemurusdalam tersebut bukan menjadi kewenangan pihaknya.

Sesuai tugas pokok dan fungsi, pihaknya hanya bertanggungjawab sampah pedagang pasar, sedangkan sampah rumah tangga merupakan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup.

Namun untuk mengurai persoalan tersebut, pihaknya akan melakukan pemantauan di lapangan.

Dengan begitu akan ketahuan secara jelas siapa yang sejak beberapa pekan terakhir membuang sampah sembarangan di kawasan Jalan Pemurusdalam tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved