Ekonomi dan Bisnis

Tren Penurunan Harga Ayam di Banjarmasin, Ini Penjelasan Kepala UPT RPH Dinas Ketahanan Pangan

Selama kurang lebih sepekan terakhir, harga ayam mengalami tren penurunan harga. Akibatnya turut berimbas pada pedagang-pedagang ayam potong di pasar.

Tren Penurunan Harga Ayam di Banjarmasin, Ini Penjelasan Kepala UPT RPH Dinas Ketahanan Pangan
ist/sulasno
Kepala UPT RPH Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Banjarmasin, Sulasno 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selama kurang lebih sepekan terakhir, harga ayam mengalami tren penurunan harga. Akibatnya turut berimbas pada pedagang-pedagang ayam potong di pasar tradisional di Banjarmasin.

Kepala UPT RPH Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Banjarmasin, Sulasno mengatakan, penurunan harga tersebut terjadi bertahap, mulai dari Rp 28.000 per kg, turun ke Rp 24.000 per kg, dan sekarang seharga Rp 20.000 per kg.

"Faktor penyebab turunnya harga ayam saat ini, karena permintaan yang tetap atau stabil saja dari masyarakat atau konsumen, sedangkan stoknya melimpah," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkannya, adanya permainan harga dari para pengusaha besar turut mempengaruhi fluktuatifnya harga ayam potong.

Baca: Developer Kalsel Belum Pasarkan Harga KPR yang Baru, Kuota KPR FLPP Menipis di Semester II 2019

Baca: Produk UKM Tanahbumbu Ditampilkan di APKASI Otonomi Expo 2019 di JCC Jakarta

Baca: Produk Lokal Banjarbaru Dipamerkan Pada Bazar UMKM di Lapangan Murjani

Kebutuhan ayam potong khususnya di wilayah Banjarmasin, saat ini relatif tetap saja sejak bulan Ramadan lalu yakni sebanyak 40 ton per hari.

"Yang tersedia di RPH bobot ayamnya berkisar antara 1,2-1,5 kg. Kebutuhan per hari 40 ton totalnya sehingga selama 30 hari sekitar 1.200 ton," paparnya.

Dalam waktu dekat dia pun memperkirakan harga ayam potong di Banjarmasin akan normal kembali kisaran Rp 24.000-26.000 per Kg.

"Untuk solusi stok yang melimpah saat ini terpaksa kami meminta pedagang besar dalam hal ini petani untuk tidak memproduksi dulu sementara," tukasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved