KalselPedia

KalselPedia: Profil Bappelitbang Banjar, Fokus Wujudkan Mall Pelayanan Publik

BADAN Perencanaan Pembangunan, Peneltian dan Pengembangan (Bappelitbang) Banjar adalah satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemkab Banjar.

KalselPedia: Profil Bappelitbang Banjar, Fokus Wujudkan Mall Pelayanan Publik
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Bupati Banjar H Khalilurrrahman menerima buku tentang pembangunan di Banjar dari Kepala Bappelitbang Banjar Galuh Tantri Narindra, April lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - BADAN Perencanaan Pembangunan, Peneltian dan Pengembangan (Bappelitbang) Banjar adalah satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Saat ini Bappelitbang Banjar dinakhkodai atau dikepalai Dr Galuh Tantri Narindra ST MT. Perempuan muda ini memimpin Bappelitbang Banjar sejak beberapa bulan lalu (2019) yang sebelumnya menjabat kepala bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjar.

Tantri merupakan kepala Bappeda termuda di Indonesia. Selain itu, ia juga memegang lisensi keahlian teknis bidang konstruksi dan lainnya sehingga kerap menjadi narasumber seminar di sejumlah kota di Indonesia, bahkan di luar negeri.

ENERJIK - Kepala Bappelitbang Banjat Galuh Tantri Narindra sibuk dengan aktivitasnya. Ia termasuk pejabat eselon II yang enerjik dan inovatif.
ENERJIK - Kepala Bappelitbang Banjat Galuh Tantri Narindra sibuk dengan aktivitasnya. Ia termasuk pejabat eselon II yang enerjik dan inovatif. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Di lingkungan Pemkab Banjar, Bappelitbang merupakan salah satu SKPD besar. Jumlah pegawainya 37 orang, dengan rincian struktur jabatan terdiri atas kepala badan, sekretaris, lima kepala bidang, dan 12 sub bagian/bidang.

Seperti di daerah lain, Bappelitbang Banjar dibentuk dengan dua pertimbangan utama yakni dalam upaya meningkatkan keserasian pembangunan di daerah diperlukan adanya peningkatan keselarasan antara pembangunan sektoral dan pembangunan daerah.

Kedua, dalam rangka usaha menjamin laju perkembangan, keseimbangan dan kesinambungan pembangunan didaerah, diperlukan perencanaan yang lebih menyeluruh, terarah dan terpadu.

Bappelitbang Banjar mempunyai fungsi penyelenggaraan penelitian di bidang pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan, dalam rangka pengembangan pembangunan secara umum.

Bupati Banjar H Khalilurrrahman menerima buku tentang pembangunan di Banjar dari Kepala Bappelitbang Banjar Galuh Tantri Narindra, April lalu.
Bupati Banjar H Khalilurrrahman menerima buku tentang pembangunan di Banjar dari Kepala Bappelitbang Banjar Galuh Tantri Narindra, April lalu. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Lalu, menyusun Pola Dasar Pembangunan Daerah. Menyusun rencana pembangunan lima tahun daerah menyusun Program Tahunan Daerah.

Melaksanakan kerjasama penelitian dan perencanaan pembangunan daerah dengan lembaga perguruan tinggi dan lembaga lain baik pemerintah maupun swasta.

Melakukan pengoordinasian, perumusan dan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Pemantauan dan evaluasi, penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.

Menyelenggaraan tugas pembantuan. Mengelola kesekretariatan dan urusan rumah tangga Bappelitbang. Dan, melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala daerah.

GALUH TANTRI NARINDRA bersama bawahannya para pejabat eselon III_wm
GALUH TANTRI NARINDRA bersama bawahannya para pejabat eselon III_wm (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Salah satu program utama yang saat ini sedang di-support Bappelitbang Banjar yakni pendirian Mall Pelayanan Publik (MPP). Kelak MPP akan menjadi tempat layanan publik terpadu dan terintegrasi sehingga sangat membantu dan memudahkan masyarakat mengurus berbagai hal.

Mulai pengurusan administrasi kependudukan seperti KTP, KK, Akta Kelahiran sertabberagam perizinan lainnya. Termasuk layanan keimigrasian, pencatatan pernikahan, perbankan, dan lainnya.

MPP ditargetkan mulai beroperasional awal tahun depan. Ancar-ancar tempatnya yakni di Gedung Juang di kawasan Jalan A Yani, Martapura. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved