Bisnis

Penerbangan Dialihkan ke Kertajati, Penumpang Asal Bandung Ini Pilih Mendarat ke Sokarno Hatta

Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka resmi melayani 12 rute domestik yang dilimpahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung

Penerbangan Dialihkan ke Kertajati, Penumpang Asal Bandung Ini Pilih Mendarat ke Sokarno Hatta
Dari Novi Kurniawan untuk BPost
Novi Kurniawan saat berankat di Bandara Syamsuddin Noor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka resmi melayani 12 rute domestik yang dilimpahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pada 1 Juli 2019 lalu.

Imbas dari hal tersebut, penumpang di sejumlah bandara termasuk Banjarmasin harus memilih menggunakan penerbangan tujuan Jakarta atau Majalengka.

Salah seorang penumpang yang sering bepergian atau lebih tepatnya pulang kampung ke kota Kembang, Novi Kurniawan harus menimbang-nimbang berdasarkan tingkat efisiensi mendarat di Bandara Kertajati atau Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Pengalihan sejumlah penerbangan domestik ke bandara Kertajati, di antaranya rute Bandung ke Banjarmasin PP yang biasanya melalui Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Syamsudin Noor, situasi ini bagi saya sebagai calon penumpang menimbang-nimbang rute yang akan ditempuh untuk kembali ke Banjarmasin. Pilih Soetta atau Kertajati, kalau Soetta harus tempuh perjalanan darat dari Bandung lebih lama daripada ke Kertajati," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (4/7/2019).

Baca: Anang Hermansyah Ngaku Pergi dengan Selingkuhan ke Brasil, Ekspresi Ashanty Saat Tahu Jadi Sorotan

Baca: Dilatih Teknik Otomotif, 20 Lulusan SMP/SMA Ditarget Punya Usaha Mandiri

Baca: Mapala Sylva Masuk Lima Besar Nasional Lomba Wana Lestari 2019, Menuju Tiga Besar Nasional

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Indosiar Madura United vs PSM Makassar Liga 1 2019, Beto Starter

Kendati begitu, ditambahkannya, situasi ke Soeta pilihan transportasinya lebih jelas, baik rute maupun pilihan angkutannya atau banyak pilihan. Ke Kertajati sempat bingung cari transportasinya ke bandaranya, bahkan sampai menghubungi pihak DAMRI, menanyakan jadwal bus ke Kertajati.

"Alternatif travel ke Kertajati juga belum banyak. Intinya dengan penerbangan sore dari Kertajati ke Banjarmasin sama saja harus alokasikan waktu yang panjang menempuh perjalanan darat dari sebelum siang. Jadi sama saja seperti ke Soeta, tapi setidaknya ke Soetta sudah jelas moda transportasinya dan sudah tahu alokasi waktunya," kata Novi.

Dia pun memutuskan pilih ke Soetta, karena menurutnya jadwal yang jelas membuatnya tenang untuk alokasikan waktu pra penerbangan. Novi pun tidak ingin ambil resiko lama di perjalanan yang dapat mengakibatkan ketinggalan pesawat.

Selain efisien pilihan penerbangan, harga tiket pun jadi bahan pertimbangan Novi pilih ke Soetta.

"Memang penerbangan melalui Kertajati harga tiket murah banget kisaran Rp 800 tapi selang beberapa hari kemudian cepet naiknya hingga tembus Rp 1,2 juta. Kondisi ini makin berat saja mau lewat Kertajati," kata dia.

Dia pun sudah mendapatkan tiket seharga Rp 800.000an saat order pada 1 Juli lalu, Harga terkini 4 juli kisaran tiket baik ke Kertajati maupun Soetta sudah sama kisaran Rp 1 jutaan ke atas.

Baca: Dukung Harganas 2019, Garuda Indonesia Tambah Penerbangan Jakarta-Banjarmasin

Baca: Kriss Hatta Diputus Bebas, Ibunda Pingsan Hingga Teriakan Mbah Mijan, Reaksi Hilda Vitria?

Baca: Senasib Raffi Ahmad! Daftar Artis yang Pita Suaranya Pernah Bermasalah, Syahrini Hingga Ari Lasso

Untuk memudahkan akses di kehidupan yang serba digital, dia memesan tiket biasanya melalu Online Travel Agent seperti Traveloka, karena sangat mudah untuk memantau perubahan harga tiket setiap saat.

"Saya bersama keluarga pulang kampung setiap satu tahun sekali memanfaatkan momen liburan. Tahun depan kemungkinan mau coba via bandara Kertajati, biar tahu kondisi dan rute perjalanan darat. Lama perjalanan dari Kertajati ke Bandung memakan waktu kurang lebih dua jam," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved