Berita Banjar

Petak Pasar Berpindah Tangan, PD Pasar Segera Lakukan Hal Ini

Baru beberapa bulan diresmikan, persoalan mulai menggelayuti Pasar Kuliner Baiman. Sebagian petak pedagang dikabarkan mulai berpindah tangan

Petak Pasar Berpindah Tangan, PD Pasar Segera Lakukan Hal Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
PERCONTOHAN¬†- Pasar kuliner yang baru dibangun Pemkab Banjar ini dirancang menjadi percontohan kuliner. Pasar yang baru sekitar sebulan dioperasionalkan ini juga dikelola oleh PD PBB. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Baru beberapa bulan diresmikan, persoalan mulai menggelayuti Pasar Kuliner Baiman. Sebagian petak pedagang di pasar percontohan di Kota Martapura itu dikabarkan mulai berpindah tangan.

Informasi diperoleh ada sekitar tiga petak (tempat berjualan) yang berpindah tangan. Pedagang baru yang menempatinya pun mesti membayar ratusan ribu, padahal Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) yang mengelola pasar tersebut menggratiskan penempatan pasar kuliner percontohan itu.

Sementara itu kalangan pedagang setempat berharap nominal retribusi yang dibebankan kepada mereka seperti retribusi kebersihan dan lainnya bisa ditinjau kembali. Pasalnya, retribusi di pasar lainnya yang lebih eksis dan ternama nilainya lebih kecil.

"Ya kalau bisa diturunkan lagi nilainya," ucap salah seorang pedagang setempat.

Selain itu, mereka juga mempertanyakan keharusan melunasi biaya sewa tempat berjualan sebelumnya. Totalnya masih sekitar Rp 300 ribu.

Baca: Api Berkobar di Dapur, Bahrin Baru Terbangun Saat Dengar Suara Gemuruh

Baca: Penerbangan Dialihkan ke Kertajati, Penumpang Asal Bandung Ini Pilih Mendarat ke Sokarno Hatta

Baca: Kedapatan Bawa 2 Paket Kecil Sabu, Satresnarkoba Polres Kapuas Amankan Dua Sekawan

Baca: Mapala Sylva Masuk Lima Besar Nasional Lomba Wana Lestari 2019, Menuju Tiga Besar Nasional

Mengenai persoalan itu, Direktur PD PBB Rusdiansyah ketika dikonfirmasi mengaku akan segera melakukan cek recek kepada kalangan pedagang yang menempati Pasar Kuliner.

"Kami juga ada mendengar adanya pedagang tertentu yang memindahtangankan tempat usahanya kepada pedagang lain," ucapnya, Kamis (04/07/2019).

Rusdiansyah menegaskan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan telah diketahui para pedagang Pasar Kuliner, dirinya tak akan segan melakukan tindakan tegas.

"Kalau terbukti memindahtangankan petak berjualannya, maka akan kami cabut haknya. Selanjutnya akan kami limpahkan kepada pedagang lain yang aktif," tandasnya.

Ia menegaskan pemerintah membangun dan menyediakan fasilitas berjualan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kalangan pedagang yakni untuk berjualan.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved