Bisnis

Rute Dialihkan ke Bandara Kertajati, Biro Travel di Banjarmasin Akui Tak Pengaruhi Booking Tiket

Namun untuk tingkat booking tiket masih normal meskipun sudah memasuki masa libur sekolah.

Rute Dialihkan ke Bandara Kertajati,  Biro Travel di Banjarmasin Akui Tak Pengaruhi Booking Tiket
Dari Novi Kurniawan untuk BPost
Novi Kurniawan saat berankat di Bandara Syamsuddin Noor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka resmi melayani 12 rute domestik yang dilimpahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pada 1 Juli 2019 lalu.

Terjadinya pengalihan tersebut, bagi penumpang tujuan Bandung harus transit via Semarang, atau pilih langsung ke Majalengka, bisa pula lewat Jakarta.

Kondisi ini menurut Manajer Rizma Tour & Travel, Boy Rahmadi Nafarin membuat sebagian besar warga asli Bandung masih memilih rute Bandara Kertajati.

"Tapi sebagian juga menurut info data ada yang pilih Cengkareng (CKG) karena banyak alternatif penerbangan. Karena untuk sampai ke Bandung sama-sama menempuh waktu yang lama hampir tiga jam," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Diakuinya saat ini, harga tiket berangsur-angsur turun, namun untuk harga terendah masih dikisaran Rp 900.000an.

Namun untuk tingkat booking tiket masih normal meskipun sudah memasuki masa libur sekolah.

"Libur tahun ini masih biasa saja tidak ada lonjakan signifikan. Kalau beberapa tahun lalu saat libur kami semua sibuk kerja melayani permintaan ticketing,wisata, sewa bus, dan lain-lain," imbuh Boy.

Baca: Aksi Pencurian Lampu PJU Digagalkan, Kapolres Kapuas Sebut Perbuatan Dua Tersangka Rugikan Negara

Baca: Digerebek Polisi, Pebalap Liar di Banjarmasin Langsung Kocar-Kacir, 4 Pelajar dan Motor Diamankan

Baca: Bukti Noraknya Syahrini dan Reino Barack Saat Bulan Madu Diungkap Nikita Mirzani, Sebut Soal Ini

Baca: Selain PTDH Tiga Oknum, Polda Kalsel Juga Berikan Penghargaan Kepada Para Personel Ini

Maskapai Lion Air rute Banjarmasin-Surabaya paling murah dibanderol seharga Rp 844.800, dan rute Banjarmasin-Jakarta seharga Rp 1.322.200. Serta tujuan Banjarmasin-Majalengka seharga Rp 1.108.800.

Sedangkan maskapai Garuda, rute Banjarmasin-Jakarta dibanderol Rp 1.667.600. Untuk maskapai Citylink, rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 876.000.

Sementara itu, di PT Kharisma Lautan Nusantara Tour & Travel juga melayani penerbangan ke Bandung, yang mengharuskan kini transit lebih dulu ke Semarang.

"Di tempat kami tidak berpengaruh adanya pengalihan penerbangan tersebut. Untuk langsung ke Bandung, harus transit ke Semarang menggunakan maskapai Lion Air seharga Rp 1.921.200," papar petugas tiketing PT Kharisma Lautan Nusantara Tour & Travel, Titin.

Baca: Suara Minor Lingkupi Seleksi Sekda Banjar, Begini Respon Pansel

Baca: Periksa Lima Pegawai Pemkab Banjar, Begini Penjelasan Kejari

Baca: Jodoh Ranty Maria Sepeninggal Ammar Zoni yang Nikahi Irish Bella Diungkap Sosok Ini, Berkah Cinlok?

Penurunan harga tiket saat ini diakui Titin masih belum signigikan, untuk maskapai Lion Air rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 844.800, dan rute Banjarmasin-Jakarta seharga Rp 1.163.800.

Sedangkan maskapai Garuda, rute Banjarmasin-Jakarta dibanderol Rp 1.667.600. Untuk maskapai Citylink, rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 1.021.900, dan rute Banjarmasin-Jakarta seharga Rp 1.219.900.

"Di masa liburan sekolah tahun ini, calon penumpang masih stagnan saja, normal belum ada lonjakan, sebagian mungkin pilih beralih ke moda transportasi alternatif lainnya seperti kapal," kata Titin. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved