Berita Tanahlaut

1 Bulan Kehabisan Blanko E KTP, Disdukcapil Sudah Terbitkan 800 Lembar Surat Keterangan

Sejak Juni kemarin, blanko KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanahlaut tidak tersedia.

1 Bulan Kehabisan Blanko E KTP, Disdukcapil Sudah Terbitkan 800 Lembar Surat Keterangan
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Warga Tanahlaut terlihat mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak Juni kemarin, blanko KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanahlaut tidak tersedia.

Pasalnya, SKPD tersebut telah mencoba meminta blangko ke pemerintah pusat. Namun hanya mendapat sebanyak 150 lembar. Hal itulah yang diinformasikan oleh Kepala Disdukcapil Tanahlaut, Norhayati, Jumat (5/7/2019).

Ya, tentunya antrean pengurusan KTP Elektronik di Disdukcapil tak pernah berhenti. Begitupun sejumlah pelayanana dokumen kependudukan lainnya.

Hanya saja, karena blanko E KTP habis, sehingga warga yang hendak mendapatkan E KTP pun diberikan surat keterangan, atau KTP sementara.

Baca: Kurangi Konsumsi Batubara, Kalsel Bakal Maksimalkan Kelapa Sawit Kembangkan Biofuel

Baca: Protes Halle Bailey Jadi Pemeran Ariel di The Little Mermaid, Fans Disney Bikin Tagar #NotMyAriel

Baca: 3 Sifat Mulan Jameela Diungkap Pacar El Rumi, Marsha Aruan Juga Sebut Kelebihan Maia Estianty

Baca: Laga Barito Putera U-16 Melawan Persib Diundur Sehari, Tim Scouting Garuda Select Pantau Pemain

Fendi misalnya, warga Tambangulang, Tanahlaut, ini mengurus E KTP ke kantor yang berada di pusat kota Kabupaten Tanahlaut itu.

Ia merubah status sekaligus tanggal lahir pada E KTP yang ia miliki. Namun karena tidak ada blanko, Fendi pun menerima surat keterangan.

"Katanya blanko E KTPnya habis. Jadi sementara waktu menggunakan Suket dulu. Informasi yang diberikan oleh pelayanan tadi, E KTP bisa di dapat bulan depan," ujarnya.

Selagi fungsi Suket sama dengan E KTP, Fendi pun tidak masalah dengan hal tersebut. Ia sendiri bersedia datang lagi pada bulan berikutnya untuk mendapatkan E KTP yang asli.

Sementara itu, Norhayati pun menerangkan, sejak Juni kemaren, hingga Juli ini, kurang lebih 800 lembar Suket yang dikeluarkan. Kertas tersebut berfungsi sebagaimana E KTP pada umumnya.

Baca: Hasil Badak Lampung FC vs Barito Putera Liga 1 2019, Skor Babak Pertama 2-2 Samsul Penyelamat

Baca: Sowan ke Bupati Achmad Fikry, Petugas Haji HSS Dipesani Ini

Baca: Preview Martapura FC vs Persatu : Misi Naik ke Puncak Klasemen

Ia menjelaskan pula, masih menunggu informasi mengenai ketersediaan blanko E KTP tersebut. Namun diprediksi, pada bukan Agustus 2019 ini, blanko E KTP sudah tersedia.

Sebutnya dalam sehari, kebutuhan atau warga yang datang untuk membuat KTP mencapai puluhan orang. Jumlah itu sudah lumayan berkurang dibanding pada masa awal keberadaan E KTP.

"Kalau sebelumnya kan banyak warga yang datang membuat E KTP. Sekarang lebih didominasi pergantian data," ucapnya menerangkan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved