Berita Kalteng

Cegah Berkembangnya Radikal dan Terorisme di Wilayah Perbatasan, FKPT Kalsel Kunjungi Kapuas

Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Kamis (4/7/2019) siang lalu.

Cegah Berkembangnya Radikal dan Terorisme di Wilayah Perbatasan, FKPT Kalsel Kunjungi Kapuas
Foto Kesbangpol
Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Selatan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Kapuas, Kamis (4/7/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Kamis (4/7/2019) siang lalu.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kapuas, Hidayatullah dan Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas Marlina.

Pertemuan pun digelar di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas, dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas serta Kepala Satuan Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Adapun tujuan kunjungan tersebut untuk belajar, berbagi informasi dan berkoordinasi untuk mencegah terjadinya paham radikalisme dan terorisme terutama di wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan khususnya di daerah perbatasan.

Baca: Respons Ayah Hilda Vitria Saat Anaknya Tak Akui Bersuamikan Kriss Hatta dan Pilih Billy Syahputra

Baca: Video Nikita Mirzani Ingin Hilangkan istri Galih Ginanjar, Barbie Kumalasari Trending Youtube

Baca: 5 Fakta Hengkangnya Ayu Ting Ting dari Pesbukers, Masalah dengan Raffi Ahmad Suami Nagita Slavina?

Baca: Kerinduan Annisa Pohan ke Istri SBY, Ani Yudhoyono Terungkap, Unggah Kenangan Indah Ibunda AHY

Paparan dari FKPT Kalsel saat pertemuan tersebut bahwa wilayah perbatasan menjadi tempat yang sangat strategis dalam masuknya paham radikal karena jauh dari pusat pemerintahan provinsi.

Maka itu perlu pengawasan dalam lingkungan keluarga karena biasanya anak muda rentan dalam kesalahpahaman dan mudah disasar.

Sangat diperlukan pula sinegritas dan koordinasi pihak-pihak terkait dalam menjaga wilayah, khususnya perbatasab Kalteng dan Kalsel agar warganya terhindar dari paham radikal sehingga aman dan kondusif.

Sementara itu Polres Kapuas, Kejaksaan Kapuas dan BIN Kapuas melalui perwakilannya masing-masing menjelaskan bahwa berbagai upaya dilakukan untuk mencegah paham radikal.

Salah satunya yaitu dengan deteksi dini pada lingkungan RT dan RW karena sangat rentan bila terdapat pendatang baru yang membawa paham radikal. Tamu wajib lapor 1×24 jam pun kitanya harus diaktifkan di lingkungan masing-masing.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas, Marlina menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja tersebut dan berharap dengan adanya kunjungan ini dapat menjaga tali silaturahmi antar sesama.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved