Lifestyle

Benarkah Minum Jus Detoks Menyehatkan? Sebaiknya Buat alam Bentuk Smoothies agar Berserat

Detoksifikasi sebenarnya merupakan salah satu istilah medis. Dokter biasanya melakukannya pada orang yang mengalami kecanduan narkoba.

Benarkah Minum Jus Detoks Menyehatkan? Sebaiknya Buat alam Bentuk Smoothies agar Berserat
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi - Jus buah 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Berbagai cara dipakai untuk menghilangkan racun dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumi jus buah atau sayuran hijau.

Dilansir dari Kompas.com, membuang racun di dalam tubuh dengan mengonsumsi jus detoks memang dipercaya sebagian orang bisa menyehatkan sekaligus mengurangi berat badan.

Detoksifikasi sebenarnya merupakan salah satu istilah medis. Dokter biasanya melakukannya pada orang yang mengalami kecanduan narkoba.

Dalam konteks ini, detoksifikasi dilakukan pada orang yang mengalami intokiskasi akut. Tindakan tersebut juga bisa membuat seorang pecandu mengalami gejala-gejala penarikan karena mereka berhenti mengonsumsi zat-zat candu.

Dikutip dari Medical News Today, konsumsi jus buah untuk detoks sangat berbeda dengan detoksifikasi yang dilakukan dokter.

Minuman atau  jus ‘detoks’, biasanya merupakan kombinasi buah-buahan yang di blender lalu diminum beberapa kali dalam sehari.

Baca: Khasiat Minum Air Lemon Dicampur Madu di Pagi Hari, Selain Detok Baik Untuk Pencernaan

Dalam sebuah penelitian berskala kecil, diketahui minum jus detoks bisa meningkatkan kemampuan liver membuang racun dari tubuh. Tapi, jumlah sampel dan metodologinya masih perlu pembuktian sehingga tidak bisa disimpulkan jus ini menyehatkan.

Sementara itu, studi yang menyebut jus detoks bisa mengurangi berat badan juga bisa terjadi jika pola makan orang tersebut rendah kalori.

Sayangnya, pola makan yang rendah kalori seperti itu seringkali tidak bisa bertahan lama dan berat badan akan naik kembali.

Walau begitu, konsumsi jus detoks pada dasarnya tidak buruk selama kandungan di dalamnya memang mengandung nutrisi dan rendah gula.

Baca: Menikmati Khasiat Teh Gaharu Buat Detoksifikasi, dari Daun Gaharu Muda, Begini Cara Membuatnya

Salah satu jus detoks yang umum adalah buah-buahan, padahal buah relatif tinggi gula. Itu sebabnya konsumsinya harus dibatasi. Untuk mendapatkan seratnya, sebaiknya dibuat dalam bentuk smoothies.

Agar lebih menyehatkan, sebaiknya minuman detoks mengandung sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan begitu, kita akan mendapatkan asupan serat, karbohidrat, dan vitamin.

(Nishya Gavrila/Kompas)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved