Berita Tapin

Ribuan Warga Padati Peringatan Haul ke 14 Guru Cangkring Rantau Tapin

Ribuan warga di Kabupaten Tapin memadati kawasan Cangkring, di Jalan H Isbat, Jalan Kesehatan dan Jalan Darusalamah, Kelurahan Rantau Kanan

Ribuan Warga Padati Peringatan Haul ke 14 Guru Cangkring Rantau Tapin
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Jalan Kesehatan ditutup sementara untuk lesehan jamaah perempuan yang menghadiri haul Guru Cangkring 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Ribuan warga di Kabupaten Tapin memadati kawasan Cangkring, di Jalan H Isbat, Jalan Kesehatan dan Jalan Darusalamah, Kelurahan Rantau Kanan, Kecamatan Tapin Utara, Sabtu (7/7/2019).

Mengenakan busana muslim putih, jamaah lelaki memadati ruang induk Masjid Darussalam dan jamaah perempuan menempati tenda yang disiapkan di halaman MTs Negeri 1 Tapin.

Namun, antusias jamaah yang datang, sebagian besar warga terpaksa duduk lesehan di Jalan Kesehatan dan di halaman rumah warga di Jalan Darusalamah.

Halaman MTs Negeri 1 Tapin yang ditempatkan tenda bagi jamaah tak mampu menampung lautan massa yang ingin mendengarkan riwayat singkat dan tausiah keagamaan.

Baca: Kehamilan Hilda Vitria Bocor Setelah Kriss Hatta Bebas, Sahabat Eks Billy Syahputra Ungkap Ini

Baca: Resiko Terburuk Raffi Ahmad Tetap Bekerja Meski Sakit Parah, Suami Nagita Slavina Absen Youtube

Baca: Heboh Nenek Tertangkap Basah Curi Beras, Tangan Diikat, Videonya Jadi Viral, Ini Fakta Sebenarnya

Baca: Sindiran Bos ANTV untuk Ayu Ting Ting Sejak Lama Hingga Raffi Ahmad Jadi Alasan Hengkang Pesbukers?

Panitia pelaksana menggunakan Jalan Isbat di Tugu Ranggaman, sebagai kantong parkir kendaraan jamaah haul khusus roda dua dan roda empat.

Sejumlah ulama dan tokoh agama di Kabupaten Tapin hadir dalam peringatan haul Guru Cangkring, diantaranya Guru Muda KH Ahmad Barmawi dari Desa Kulur, Kecamatan Tapin Tengah.

Guru Cangkring adalah panggilan akrab almarhum KH Ali Noordin Gazali.

Selama hidupnya didedikasikan untuk mencerdaskan warga Rantau khususnya dalam pengetahuan Agama Islam.

Tokoh agama yang disegani itu, sebelum berpulang pada 4 Dzulkaidah 1426 hijriah atau 6 Desember 2005 lalu, malam Selasa, pukul 12.00 Wita, punya beberapa monumen.

Diantara monumen peninggalannya, adalah Masjid Darussalam, Pesantren Ummu Salamah dan ribuan santrinya yang lulus maupun yang sedang mengikuti pendidika serta jamaah majelis amalan ratib setiap pekannya.

H Jumai, anak keenam almarhum KH Ali Noordin Gazali menuturkan peringatan haul ke 14 abuya Guru Cangkring mendatangkan habib Abdullah dari Malang, Jawa Timur selaku penceramah.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved