Berita Banjarmasin

Semarakan Harganas XXVI, Chef Cantik Banjarmasin Ini Jadi Juri Lomba Masak Ikan Saluang

Lomba yang dilaksanakan di antaranya adalah lomba memasak ikan saluang, yang diselenggarakan di Siring 0 Kilometer, pada Jumat (5/6/2019) sore

Semarakan Harganas XXVI, Chef Cantik Banjarmasin Ini Jadi Juri Lomba Masak Ikan Saluang
banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Foto Adel (kiri) saat menjadi juri lomba masak ikan saluang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Menyemarakkan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019, Dinas Pariwisata Kalsel mengadakan berbagai jenis lomba dalam gelaran Festival Budaya Banjar.

Lomba yang dilaksanakan di antaranya adalah lomba memasak ikan saluang, yang diselenggarakan di Siring 0 Kilometer, pada Jumat (5/6/2019) sore.

Dan salah satu chef cantik yang ada di Banua yakni Adeline Anggen, didapuk menjadi juri dalam lomba yang diikuti oleh sekitar 20 peserta tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Adel ini menjadi juri bersama dua rekannya yang tergabung di Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kalsel yakni Chef Kus, Chef Jufri.

Baca: Tercecer dari Rombongan, Peserta Harganas XXVI 2019 Dievakuasi Personel BPBD Kalsel

Baca: Ungkap Soal Pernikahan Dini, Ini Kata Puan Maharani

Baca: Hasil Latihan Bebas (FP) 3 MotoGP Jerman 2019, Marc Marquez Ungguli Valentino Rossi & Quartararo

Baca: Harganas ke-26, Sepeda 1890 Ramaikan Pawai Budaya di Tugu Nol Kilometer Banjarmasin

"Iya, kemarin saya ikut menjadi juri untuk lomba masak ikan saluang. Senang dan bangga tentunya dipercaya menjadi juri untuk lomba tersebut, karena ikan saluang merupakan khas Kalsel," ujar Adel.

Adel pun sepertinya sangat antusias menyambut lomba yang satu ini, karena mewadahi pecinta kuliner khas Banjar di Banua untuk bisa lebih kreatif.

"Ini menjadi ajang untuk berkarya, dan yang pastinya juga bisa ikut mengangkat dunia pariwisata khususnya kuliner di Kalsel," katanya.

Tidak kalah penting bagi Adel, ikan saluang bisa dijadikan salah satu oleh-oleh khas yang ditawarkan ke para wisatawan.

Apalagi peserta lomba pun menurut Adel sudah begitu kreatif dalam membuat masakan ikan saluang ini, sehingga begitu bervariasi.

Baca: Millenials Kill Everything Ungkap 50 Produk, Industri, dan Layanan Ini Alami Pergeseran Karena Ini

Baca: Kondisi Keuangan Diumbar Gisella Anastasia Saat Bersama Gading Marten, Saat Bersama Wijaya Saputra?

"Ini bisa menjadi inspirasi tentunya, termasuk bagi UKM di Kalsel. Misalnya kemarin ada ikan saluang dimasak gula habang, seluang balado, dan bisa dikemas dan menjadi oleh-oleh khas Kalsel. Ada juga saluang yang dikemas menjadi modern seperti tempura saluang, saluang laos lemon seluang saos buah naga, saluang lada hitam dan sebagainya," terangnya.

Terlepas dari itu, ikan saluang bagi Adel merupakan salah satu makanan favorit di kalangan masyarakat Banjar.

"Masakan tradisional masih tetap digemari masyarakat termasuk saya. Misalnya saluang dengan tempoyak, pepes saluang kelapa muda, seluang sambel serai, botok seluang seluang kemul bakar bumbu kencur dan sebagainya," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved