Berita Tabalong

Kardus dan Botol Bekas Sumber Pendapatan Warga Kambitin Raya, 75 Warga Jadi Nasabah Bank Sampah

Sampah kertas dan botol bagi sebagian orang habya dibuang dan tidak memiliki nilai jual, namun berneda bagi warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung

Kardus dan Botol Bekas Sumber Pendapatan Warga Kambitin Raya, 75 Warga Jadi Nasabah Bank Sampah
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung memuat sampah kertas dan botol ke atas pikap untuk diangkut ke bank sampah desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Sampah kertas dan botol bagi sebagian orang habya dibuang dan tidak memiliki nilai jual, namun berneda bagi warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung.

Aparat desa membentuk bank sampah desa yang bekerjasama dengan dinas Lingkungan Hidup. Bank Sampah Pelangi yang berada di Desa Kambitin Raya sudah berjalan sekitar dua tahun.

Antusias warga dalam bergabung ke Bank sampah memang sudah mulai banyak meski perlu adanya peningkatan. Pasalnya Bank sampah sangat membantu warga dalam memberikan nilai harga pada barang yang sudah tidak terpakai. Dan bisa membantu menambah pemasukan bagi warga.

Untuk mebgumpilkan sampah yang bisa dijual tidak telalu repot dan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Karena Bank sampah Desa Kambitin juga bersedia menerima berapapun setoran sampah daur ulang.

Pj Ketua PKK Desq Kambitin Raya Siti Ami Nibgsih mengatakan sampai saat ini sudah ada 75 nasabah aktif yang telah tergbung dalam bank samph pelangi. Mereka memikiki buku tabungan yang digunakan untuk mencatat hasil sampah yang disetorkan.

Baca: Halal Bi Halan Perdana Antar Paguyuban di Kalsel, Saling Mengenalkan Panji Paguyuban

Beberapa nasabah biasanya menabung terlebih dahulu menunggu hasilnya cukup banyak barulah diuangkan atau menjnggu pihak bank sampah menjual hadil sampah warga ke pengumpul.

Hasil penjualan sampah warga bahkan bisa mencapai ratusan ribu jika memang aktif untuk mengumpulkan sampah daur ulang.

Siti Ami Ningsih menambahkan sampah biasa dibeli dengan rincian harga per kgnya, Kardus harga Rp 900, Buku harga Rp 16.800, Botol aqua bersih Rp 34.500, Gelas aqua Rp 15.000 dan Duplex harga Rp 17400 semua hitungan harga perkilo.

"Selain menambah penghasilan warga adanya bank sampqh juga mebgurangi adanya sampah yang dibakar oleh warga, pasalnya selama ini masih ada saja warga yang membakar sampah," ujarnya.

Warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung memuat sampah kertas dan botol ke atas pikap untuk diangkut.
Warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung memuat sampah kertas dan botol ke atas pikap untuk diangkut. (banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati)

Jika sampah yangvtidak terpakai ini masih bisa menjadi tambahan penghasilan warga diharapkan semakin banyak warga yang ikut dan aktif dalam program ini.

Baca: Kibar Bank Bjb Banjarmasin Salurkan Baksos Ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera

Program bank sampah meruoakan salah satu program desa yang menjadi indikator dalam penilaian pada Hal ini lomba program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman Bersama PKK atau yang lebih dikenal dengan program Hatinya PKK, Desa Kambitin Raya tahun ini mewakili Kalimantan Selatan pada lomba tingkat nasional.

Pemertah Daerah Kabupaten Tabalong juga mendukung penuh dalam mempersiapkan oerlombaan ini dengan mengikutsertakan seluruh dinas terkait. Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bahkan beberapa kali melakukan kunjungan jntuk melihat persiapan dalam menghadapi penilaian yang rencananya akan dilaksanakan pada Kamis (11/07/2019). (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved