Berita Banjar

Cek Sampel Kurban, Disnakbun Banjar Pastikan Sapi Aman

Disnakbun Banjar telah melakukan pemeriksaan sapi kurban dengan mengambil sampel sapi di tempat pengumpul sapi kurban di wilayah Kabupaten Banjar.

Cek Sampel Kurban, Disnakbun Banjar Pastikan Sapi Aman
istimewa/ humas pemkab banjar
Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansur menyerahkan sapi kurban 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar telah melakukan pemeriksaan sapi kurban dengan mengambil sampel sapi di tempat pengumpul sapi kurban di wilayah Kabupaten Banjar.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan agar sapi-sapi kurban yang akan disembelih saat Idul Adha nanti aman dikonsumi masyarakat.

Kepala Disnakbun Banjar, Dondit Bekti mengatakan, pihaknya mengambil sampel sekitar 25 persen dari jumlah sapi yang ada di Kabupaten Banjar.Sampai sekarang sudah terdata di 45 titik, tersebar di 6 kecamatan yang ada.

Disebutkannya, yakni di Kecamatan Mataraman, Kecamatan Pengaron, Kecamatan Astambul, Karanghanyar, Martapura, Karangintan, Simpangempat dan Kecamatan Aranio, yang mana juga kecamatan itu sebagai pengumpul. Total ada 838 ekor sapi, ada 27 ekor kerbau dan 15 ekor kambing.

Baca: Penginapan Wisata Pantai Batulima Tanahlaut Terbengkalai, Begini Kondisinya

Baca: Perda Metrologi Legal di Sahkan, Sekda Kotabaru Harapkan Ini

Baca: Ketum DPD PDIP Kalsel Inginkan Kader PDIP Dampingi Paman Birin di Pilkada 2020

Baca: Rajai Pasar Kalsel, Suzuki New Carry Pick Up Ditarget Kuasai 75 Persen Penjualan Mobil Niaga Ringan

"Tim Dinas Peternakan dan Perkebunan Banjar sudah melakukan pemeriksaan awal terkait kesehatan ternaknya ke beberapa pengumpul di enam kecamatan tersebut. Sapi atau hewan kurban di Kabupaten Banjar umumnya untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Banjar dan sebagian kecil daerah lain," kata Dondit, Senin (8/7/2019).

Dijelaskannya, pemeriksaan terhadap hewan kurban dilakukan pada awal Juli 2019 lalu. Pemeriksaan awal meliputi seperti kondisi tubuh, warna bulu atau kemulusan, bentuk mata, kebersihan, gerakan dan nafsu makan dari hewan-hewan kurban tersebut.

Dondit pun menegaskan bahwa hewan-hewan kurban yang ada di Kabupaten Banjar aman untuk dikonsumsi, sehigga masyarakat tidak perlu resah.

Meski demikian, hendaklah tetap memperhatikan beberapa hal, seperti sebelum membeli hewan kurban perhatikan gerakannya lincah atau proaktif, warna bulu mulus sesuai jenis sapinya serta nafsu makan hewan kurban.

Baca: Link Sbmtpn.ac.id Lelet, Cek Cara mengecek Hasil Pengumuman SBMPTN 2019 di UGM UI ITB

Baca: Hadapi Persebaya, Diujian Ketiga Ini Yunan Harapkan Pemain Tampil Spartan

Baca: Kalah Jarak Zonasi, Mayetih Protes Anaknya Tidak Lulus di SMPN 5 Banjarmasin, Begini Jawaban Sekolah

"Harga sapi saat ini di Kabupaten Banjar mulai dari kisaran Rp 14 juta sampai dengan Rp 18 juta untuk jenis sapi Bali," tambahnya.

Warga Martapura, Dani mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh dinas terkait. Dengan demikian tidak ada kekhawatiran masyarakat terhadap sapi atau hewan kurban yang ada di Kabupaten Banjar.

“Terlebih di Kabupaten Banjar ini salah satu kabupaten yang banyak hewan kurbannya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan daerah lainnya di Kalsel,” imbuhnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved