Berita Banjarmasin

Diserbu Pemegang KIP, 50 Persen Peserta PPDB di SMAN 4 Banjarmasin Pemegang Kartu Sakti

SMAN 4 Banjarmasin kebanjiran pendaftar pemegang KIP sehingga saat PPDB sebanyak 50 persen lebih atau 121 siswa diterima di sekolah itu.

Diserbu Pemegang KIP, 50 Persen Peserta PPDB di SMAN 4 Banjarmasin Pemegang Kartu Sakti
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani
SMAN 4 Banjarmasin kebanjiran pendaftar pemegang KIP sehingga siswa yang diterima pada saat ppdb sebanyak 50 persen lebih atau 121 siswa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tidak hanya di SMKN 5 Banjarmasin, polemik keberadaan pemegang KIP (kartu Indonesia pintar) yang disebut-sebut sebagai 'kartu sakti' atau pemulus pendaftar PPDB online lulus di sekolah ditujunya, juga terjadi di SMAN 4 Banjarmasin.

Bahkan tak tanggung-tanggung,  dari sebanyak kuota 214 siswa yang tersedia pada pelaksanaan PPDB Online 2019 tadi, SMAN 4 Banjarmasin justru kebanjiran pendaftar pemegang kartu sakti itu sebanyak 50 persen lebih atau 121 siswa.

Tidak hanya itu, jika kewajiban sekolah untuk memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili sesuai dengan satu wilayah asal (zonasi) yang sama dengan sekolah asal sebagai penentu kelulusan pendaftar, hal ini pun masih belum berjalan optimal.

Pasalnya, dengan membludaknya para pendaftar yang berasal dari jalur pemegang KIP di SMAN 4 Banjarmasin, berakibat menipisnya peluang pendaftar melalui jalur zonasi.

Di sekolah itu, hanya sebanyak 93 siswa yang berpeluang masuk melalui jalur zonasi dengan jarak terjauh yang lolos pun maksimal hanya 477 meter.

Baca: Aturan PPDB Menuai Protes dari Orangtua Siswa, Dewan Kalsel Tak Miliki Wewenang Intervensi

Baca: Lempar HP ke Wajah Istri, Ahmad Rizal Diamankan Polisi

Baca: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel : Kami Sudah Upayakan Sosialisasi PPDB

Baca: Wakili Kalteng, Mobil Hias Kabupaten Kapuas Terbaik di STQ Nasional

Hal ini selain terpampang di laman https://kalsel.siap-ppdb.com, juga telah terkonfirmasi langsung ke Tumiran, selaku Kepala SMAN 4 Banjarmasin, Senin (8/7/2019) sekitar pukul 14.20 tadi.

" Kan kuotanya (SMAN 4 Banjarmasin, red) itu 224 siswa, sedangkan yang pakai KIP 122. Berartikan 50 persen lebih pengguna kartu KIP mendaftar dan bersekolah di sini," jelasnya.

Akibatnya tambah Tumiran lagi, hal itu pun menyebabkan sejumlah calon siswa atau pendaftar yang berdomisili dekat dengan SMAN 4 Banjarmasin, pun diantaranya tidak tertampung.

" Karena meski domisilinya berdekatan dengan sekolah, sementara mereka harus berhadapan dengan pemegang KIP, ya otomatis secara sistem tertolak," jelasnya.

Tumiran juga mengatakan tidak mengetahui persis alasan pemegang KIP menyerbu sekolahnya pada pelaksanaan PPDB Online tadi.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved