Berita Banjarbaru

DPO Enam Bulan Kasus Sabu Satu Ons Ditangkap, Dayat Mengaku Ngumpet di Surabaya

DAYAT berhasil ditangkap oleh Satuan Resnarkoba Polres Banjarbaru pada Minggu (7/7/2019) di rumahnya. Dia selama ini mengaku ke surabaya

DPO Enam Bulan Kasus Sabu Satu Ons Ditangkap, Dayat Mengaku Ngumpet di Surabaya
Dari Polres Banjarbaru untuk BPost
Dayat DPO Kasus 1 Ons Sabu dibekuk 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pelarian Daftar Pencarian Orang (DPO) Pengedar satu ons sabu-sabu yang kabur selama enam bulan berakhir di Surabaya berakhir.

Dia adalah Dayat Alias Mustafa (45) Warga Jalan Bumi Mas Raya Kota Banjarmasin.

Dia berhasil ditangkap oleh Satuan Resnarkoba Polres Banjarbaru pada hari Minggu (7/7/2019) di rumahnya. Dia selama ini mengaku ke surabaya ditengara pergi ke rumah saudaranya.

Hingga jadi DPO, Dayat ceritanya terlibat sindikat jaringan sabu-sabu satu ons di Polres Banjarbaru.

Dimana pada awal Tahun 2019 lalu tepatnya bulan Januari 2019, Sat Narkoba Polres Banjarbaru mengungkap sindikat jaringan Narkoba di Kota Banjarbaru.

Baca: Wakil Wali Kota Banjarmasin Mantap Maju Pilkada Kota Banjarmasin 2020

Baca: Cerita Pertemuan Mahfud MD dan Sutopo Purwo Nugroho Sebelum Meninggal Karena Sakit Kanker Paru-Paru

Baca: Menilik Pengolahan Kapur Gamping, Tiga Hari Tiga Malam Tunggui Nyala Api

Baca: Kadisdik Banjarmasin Sebut 1.161 Siswa Lulusan SD di Banjarmasin Belum Tertampung

Berawal dari Muzekki Als Amang yang ditangkap di Landasan Ulin Kota Banjarbaru dengan kepemilikkan Narkoba jenis inek dan sabu-sabu seberat 29 gram, Sat Narkoba Polres Banjarbaru terus melakukan pengembangan terhadap jaringan tersebut.

“Pengembangan dari Tersangka Muzaki mengarah ke daerah Banjarmasin, dimana kami berhasil mengamankan sindikat pengedar Narkoba sebanyak 3 orang diantaranya Ahmad Supiani, Amat Dapak dan Darmawi Als Acan dan dari sindikat tersebut sedikitnya 1 ons lebih atau 116 gram Narkotika jenis sabu – sabu dan 17 inek warna hijau berhasil kami sita dan mereka sudah menjalani proses hukum di Lapas Banjarbaru”, terang AKP Elche.

“Barang haram tersebut mereka dapat dari Dayat Alias Mustafa, namun saat digrebek di rumah yang ada di Jalan Kelayan A Gang Taruna Kota Banjarmasin Dayat tidak ada dirumah”, tambah AKP Elche.

Setelah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selama 6 bulan akhirnya Tersangka atas nama Dayat Alias Mustafa (45 Tahun) berhasil ditangkap oleh Satuan Resnarkoba Polres Banjarbaru pada hari Minggu (7/7) dirumah yang beralamat di Jalan Bumi Mas Raya Kota Banjarmasin.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya, S.I.K., M.H membenarkan adanya pengungkapan sindikat jaringan peredaran gelap Narkotika jenis Inek dan sabu-sabu tersebut dan setelah buron selama 6 bulan atas nama Dayat sudah berhasil ditangkap dan dari pengakuannya selama ini tersangka lari ke daerah Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Baca: Kalsel Bulat Dukung Maming, 22 Rekomendasi Calonkan Ketua Umum BPP HIPMI

Baca: Tak Hanya Benjolan, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Tunjukkan Bengkak di Leher

Baca: Penginapan Wisata Pantai Batulima Tanahlaut Terbengkalai, Begini Kondisinya

“Jadi lengkap saat ini sudah empat orang sindikat pelaku lainnya sudah divonis dan menjalani hukuman di Lapas Banjarbaru sementara Tersangka atas nama Dayat alias Mustafa ini kami sangkakan dengan Pasal 132 ayat (1) sub Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 84 ayat (2) KUHAP dengan ancaman pidana kurungan paling lama 20 Tahun”, ucap Kelana Jaya.

Kelana Jaya tetap komitmen untuk memerangi narkoba di Banjarbaru.

“Kami bersama dengan Pemerintah, BNN Kota Banjarbaru serta instansi terkait lainnya akan terus bersinergi melakukan pencegahan serta memerangi dan menangkap para sindikat jaringan peredaran gelap Narkotika di Kota Banjarbaru untuk menyelamatkan generasi muda dari Bahaya Narkoba sesuai dengan Program Kerja Polres Banjarbaru yaitu TEBAR PESONA (Tekan Bersama Permasalahan Sosial dan Narkoba)”, tutupnya. (banjarmasinpost.co.id /nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved