Berita Internasional

Dubes Inggris Ini Gambarkan Trump Seperti Arnold Schwarzenegger di Adegan Terakhir The Terminator

Pendapat keras itu disampaikan duta besar Inggris untuk AS, Kim Darroch, melalui serangkaian memo rahasia, yang dikutip surat kabar Mail on Sunday.

Dubes Inggris Ini Gambarkan Trump Seperti Arnold Schwarzenegger di Adegan Terakhir The Terminator
AFP/JIM WATSON
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LONDON -Dubes Inggris untuk AS Kim Darroch mengingatkan para pejabat Inggris agar tidak meninggalkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan mengatakan ada "jalan yang kredibel" untuk Trump memenangkan masa jabatan kedua.

"Dia mungkin akan muncul dari dalam api, babak belur tetapi tetap utuh, seperti (Arnold) Schwarzenegger di adegan terakhir The Terminator," tulisnya, melalui serangkaian memo rahasia, yang dikutip surat kabar Mail on Sunday.

Dilansir dari Komps.com, Darroch dalam memo rahasianya berpendapat pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump digambarkan sebagai pemerintahan yang "disfungsional", "canggung", dan "tidak layak".

Dalam serangkaian memo yang ditujukan kepada pemerintah Inggris tertanggal sejak 2017 hingga kini, Kim Darroch menyebut Donald Trump memancarkan rasa tidak aman.

Dia pun menyarankan kepada para pejabat di London yang akan berurusan dengan Trump untuk bertindak secara efektif dengan menyampaikan maksud secara sederhana dan terang-terangan.

Baca: Penasihat Ekonomi Trump Mengundurkan Diri, Ini 3 Pejabat Senior Lainnya yang Dipecat Sebelumnya

"Kami tidak benar-benar percaya bahwa pemerintahan ini akan menjadi jauh lebih normal, kurang disfungsional, kurang tidak terduga, lebih sedikit fraksi yang terbelah, atau secara diplomatis lebih kurang ceroboh dan tidak kompeten," tulis Darroch dalam salah satu memo, menurut surat kabar itu.

Dengan kata lain, surat kabar itu mengatakan jika dubes Inggris untuk AS itu menggambarkan pemerintahan Trump sebagai pemerintahan yang disfungsional dan pemberitaan media tentang perseteruan di dalam Gedung Putih hampir sebagian besar benar.

Namun Darroch juga memperingatkan kepada para pejabat Inggris untuk tidak meninggalkan Trump dan mengatakan ada "jalan yang kredibel" untuk Trump memenangkan masa jabatan kedua.

"Dia mungkin akan muncul dari dalam api, babak belur tetapi tetap utuh, seperti (Arnold) Schwarzenegger di adegan terakhir The Terminator," tulisnya.

Juru bicara Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan, masyarakat akan mengharapkan duta besar memberikan penilaian yang jujur tanpa terpengaruh politik di negara mereka.

"Pandangan mereka belum tentu mewakili pandangan menteri atau bahkan pemerintah. Tapi kami bayar mereka untuk berterus terang," kata juru bicara dikutip AFP.

Baca: Drone AS Ditembak Jatuh Iran, Tiba-tiba Presiden AS Trump Berubah Pikiran Keluarkan Perintahkan Ini

Sementara terkait kebocoran memo dari duta besar yang seharusnya bersifat rahasia, pihak Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan telah memulai penyelidikan secara formal.

"Sangat penting bahwa duta besar kami dapat memberikan saran mereka dan menjaganya tetap rahasia. Tim kami di Washington memiliki hubungan yang kuat dengan Gedung Putih dan tidak diragukan lagi ini akan menahan perilaku nakal seperti itu," ujar juru bicara.

(Penulis : Agni Vidya Perdana/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dubes Inggris Sebut Pemerintahan Trump Disfungsional dan Tak Layak"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved