Berita Banjarbaru

Pengrajin Purun Binaan PLN Pamerkan Karyanya di Bazaar UMKM dan Banjarbaru

Setelah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalseteng)

Pengrajin Purun Binaan PLN Pamerkan Karyanya di Bazaar UMKM dan Banjarbaru
Humas PLN Wilayah Kalselteng
Ibu Wakil Wali Kota Banjarbaru, Hj. Eny Apriyati (Tengah Pakaian Biru) saat mengunjungi Booth Pengrajin Purun Banjarbaru Mitra Binaan PLN 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Setelah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalseteng), beberapa karya terbaik pengrajin purun dari Kelurahan Palam, Kota Banjarbaru dipamerkan pada acara Bazaar UMKM dan Banjarbaru Etnis Festival yang diadakan oleh pemerintah Kota Banjarbaru, Rabu (3/7/2019).

Selain memamerkan hasil karyanya, pada acara yang diadakan mulai Rabu (3/7) hingga Sabtu (6/7/2019), pengrajin purun binaan PLN UIW Kalselteng juga menunjukkan kemampuan mereka dalam menganyam purun.

Manager Komunikasi PLN UIW Kalselteng, Muhammad Yusfiansyah mengatakan bahwa PLN UIW Kalselteng berkomitmen untuk mendukung sektor ekonomi Kota Banjarbaru melalui pemberdayaan UMKM.

Salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut adalah dengan menyalurkan program CSR PLN Peduli Dukungan Kapasitas Usaha dan Pelatihan Pengrajin Kampung Purun.

Baca: Karma Dewi Perssik Akibat Perlakuannya Rosa Meldianti Disebut sang Keponakan, Meldi Ogah Berdamai?

Baca: Penampakan Perdana Song Hye Kyo Setelah Digugat Cerai Song Joong Ki, Sikap Artis Korea Itu Disorot

Baca: Foto Syur di Majalah Dewasa Picu Kemarahan Publik Rusia, PNS Ini Akhirnya Dipecat, Akui Suka Ini

Baca: Pengakuan Ayu Ting Ting Wajahnya Tanpa Make Up Malah Jadi Sorotan, Teman Ivan Gunawan Posting Ini

Melalui program ini, PLN memberikan dua bentuk bantuan yaitu pelatihan dan ketrampilan pemanfaatan bahan baku purun, serta pembangunan Rumah Inovasi Pelatihan Purun.

Hal tersebut juga sejalan dengan visi Wali Kota Banjarbaru untuk mengembangkan 3F, yaitu Food, Fashion, dan Fun.

“Melalui program CSR PLN Peduli ini, PLN berkomitmen untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Selain sektor ekonomi, kami juga berharap program ini mampu memberdayakan perempuan. Program ini diharapkan dapat menurunkan tingkat kemiskinan dengan mendorong perempuan prasejahtera untuk menhasilkan pendapatan yang lebih baik,” ujar Yusfi.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya berharap dengan adanya bantuan CSR PLN Peduli Dukungan Kapasitas Usaha dan Pelatihan Pengrajin Kampung Purun ini, dapat meningkatkan daya saing dari kerajinan purun yang dihasilkan oleh warga Kelurahan Palam, Kota Banjarbaru.

“Kami berharap program ini dapat mengembangkan kerajinan dan pariwisata berbasis kearifan lokal, khususnya di Kota Banjarbaru. Kedepannya kami juga berharap para pengrajin purun yang sudah mengikuti pelatihan dapat meningkatkan inovasinya. Sehingga, mereka dapat mengikutsertakan hasil kerajinan purun di berbagai pameran serupa, baik pada tingkat Kota Banjarbaru, provinsi maupun nasional,” tambah Yusfi.

Salah satu peserta pelatihan, Nur Amali, menyatakan sangat senang anyaman purun miliknya ikut dipamerkan dalam acara Bazaar UMKM dan Banjarbaru Etnis Festival.

Setelah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PLN UIW Kalselteng Siti mengakui pengetahuannya mengenai motif purun bertambah banyak dan variatif.

“Saya merasa sangat senang melihat anyaman purun yang saya buat ikut di pamerkan pada acara ini. Saya berharap setelah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PLN, pendapatan saya dapat bertambah karena motif purun yang saya buat lebih bervariasi. Selain itu, saya juga sudah belajar cara menjahit dan menganyam purun agar lebih rapi dan memiliki nilai jual,” ungkap dia.

(banjarmasinpost.co.id/sofyar redhani)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved