Bisnis

Perekonomian Kalsel Melambat, Berikut Sektor yang Bikin Pertumbuhan Ekonomi Turun

Perekonomian Kalsel pada triwulan I-2019 tumbuh sebesar 4,08 persen year on year (yoy), melambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya

Perekonomian Kalsel Melambat, Berikut Sektor yang Bikin Pertumbuhan Ekonomi Turun
Banjarmasinpost.co.id/Mariana.
Kepala KPw BI Kalsel, Herawanto (kanan). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perekonomian Kalimantan Selatan (Kalsel) pada triwulan I-2019 tumbuh sebesar 4,08 persen year on year (yoy), melambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,78 persen (yoy).

Kepala KPw Bank Indonesia Kalsel, Herawanto mengatakan, pada sisi permintaan, perlambatan pertumbuhan ekonomi bersumber dari perlambatan pertumbuhan konsumsi rumah tangga (RT) dan investasi (PMTB) khususnya investasi nonbangunan.

Diitambahkannya, konsumsi lembaga nonprofit rumah tangga (LNPRT) dan ekspor tumbuh meningkat.

Dari sisi penawaran, perlambatan pertumbuhan ekonomi utamanya bersumber dari perlambatan kinerja sektor pertambangan dan industri pengolahan.

Baca: Gelagat Aneh Ivan Gunawan Ditanya Ruben Onsu Tentang Ayu Ting Ting, Bongkar Curhatan

Baca: Komunitas Ini Berbagi Nasi Bungkus Dengan Orang Gila, Walau Sering Dilempari Batu Tak Mundur

Baca: NEWSVIDEO : Satresnarkoba Polresta Banjarmasin Musnahkan 166,96 Gram Sabu

Baca: Bongkar Prostitusi Online di Banjarbaru, Tim Elang Amankan Tiga PSK, Pelaku Dipancing di Kos-kosan

"Di sisi lain, sektor pertanian dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran (PHR) tumbuh meningkat," jelas Herawanto kepada Banjarmasinpost.co.id.

Sektor pertanian di Kalsel pada triwulan 1 2019 tumbuh sebesar 4,32 persen yoy. Meningkat dari triwulan sebelumnya yaitu tumbuh sebesar 4,04 persen yoy.

Peningkatan sektor pertanian didorong oleh masuknya periode panen raya bagi sub sektor tabama atau padi.

Kondisi ini tercermin dari data produksi padi yang tumbuh sebesar 25,78 persen yoy lebih tinggi dari triwulan IV-2018 yakni sebesar 34,22 persen yoy.

Sedangkan sektor PHR pada triwulan I-2019 tumbuh sebesar 7,93 persen yoy. Meningkat dari triwulan sebelumnya yakni tumbuh sebesar 7,13 persen yoy.

Peningkatan terjadi baik pada subsektor perdagangan besar dan eceran, seperti reparasi mobil dan sepeda motor maupun pada subsektor penyediaan akomodasi dan makan minum.

Baca: Penampakan Toko Berlian Barbie Kumalasari yang Diragukan Hotman Paris dan Nikita Mirzani

Baca: Bukti Sayang Mertua Syahrini, Orangtua Reino Barack Setelah Bulan Madu

Baca: Akan Tayang di Bioskop, Berikut Sinopsis Film Crawl, Bercerita Tentang Teror Buaya di Tengah Badai

Subsektor perdagangan besar dan eceran, seperti reparasi mobil dan sepeda motor tumbuh 8,20 persen yoy, meningkat dari triwulan sebelumnya yakni tumbuh sebesar 7,34 persen yoy.

Untuk subsektor penyediaan akomodasi dan makan minum tumbuh sebesar 6,72 persen, tumbuh lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 6,21 persen.

"Penyediaan subsektor penyediaan akomodasi dan makan minum lebih ditengarai akibat aktivitas pemilu," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved