Berita Banjarmasin

DPD PDI-P Kalsel akan Terbuka Jika DPC dan PAC Usulkan Calon Kepala Daerah Potensial di Pilkada 2020

Khususnya pada Pilkada Tahun 2020 di Kota Banjarmasin, Ketua DPD PDIP Provinsi Kalsel, Mardani H Maming sebutkan tiga nama.

DPD PDI-P Kalsel akan Terbuka Jika DPC dan PAC Usulkan Calon Kepala Daerah Potensial di Pilkada 2020
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Ketua DPD PDI-P Kalsel, Mardani H Maming 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 mendatang, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah sebutkan beberapa nama yang dinilai potensial untuk diusung.

Khususnya pada Pilkada Tahun 2020 di Kota Banjarmasin, Ketua DPD PDIP Provinsi Kalsel, Mardani H Maming sebutkan tiga nama.

Mereka yaitu H Muhaimin, H Hermansyah dan kader muda PDIP, Fazlur Rahman.

Namun walau demikian, Mardani H Maming tegaskan pihaknya tetap akan terbuka dan tak hanya akan terpaku pada tiga nama tersebut jika memang ada nama kader PDIP lainnya yang memiliki peluang maju Pilkada 2020.

"Kalau ada yang lebih bagus dan memang diinginkan Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) kita akan masukkan," kata Mardani.

Baca: Aditya Mufti Ariffin, AR Iwansyah Nyatakan Maju di Pilwali dan Wawali Pilkada 2020 di Banjarbaru

Nantinya nama-nama yang diusulkan menurut Mardani tentu akan melalui proses survei internal PDIP dan akan dilaporkan ke DPP PDIP sebelum direstui maju dan diusung sebagai Calon Kepala Daerah dari partai berlambang banteng ini.

Partai juga menurutnya juga akan melihat dan pertimbangkan situasi dan kondisi potensi koalisi partai-partai khususnya di tingkat Kabupaten/Kota jelang Pilkada 2020.

Sedangkan di tingkat Provinsi, DPD PDIP Provinsi Kalsel sudah bulat akan kembali mendukung petahana Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor pada Pilgub 2020.

DPD PDIP Provinsi Kalsel juga sudah sodorkan beberapa nama kadernya yang dinilai potensial dampingi H Sahbirin Noor yang hampir dipastikan diusung Partai Golkar maju pada Pilkada mendatang.

Walau belum dipastikan, Mardani juga sempat menyatakan bahwa koalisi dan kerjasama antara PDIP dan Golkar di tingkat Provinsi ini bukan tidak mungkin juga diikuti di tingkat Kabupaten/Kota pada Pilkada 2020.

Baca: Wakil Wali Kota Banjarmasin Mantap Maju Pilkada Kota Banjarmasin 2020

Dimana pada Pilkada 2020 mendatang, selain Provinsi Kalsel dengan Pilgubnya dan Kota Banjarmasin dengan Pilwalinya, ada enam Kabupaten/Kota lainnya di Kalsel yang juga akan laksanakan Pilkada serentak 2020.

Enam Kabupaten/Kota di Kalsel tersebut yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST), Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Menilik hasil Pemilu 2019 lalu, DPD PDIP Kalsel berhasil loloskan tiga kadernya ke Senayan, delapan kader di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel dan total lima puluh empat kader di DPRD tingkat Kabupaten/Kota di Kalsel.

Sedangkan di tingkat pusat, Partai yang dikomandoi Megawati Soekarnoputri berhasil menjadi Pemenang Pemilu Legislatif 2019 dan berkedudukan kuat di Parlemen 2019-2024. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved