Berita Tapin

Kepsek SMPN 2 Rantau Kenalkan Pancasila dan 5S pada Peserta Didik Baru, ini Tujuannya

Pasa pengenalan lingkungan sekolah di SMPN 2 Rantau, di Jalan Kesehatan, Rantau Kanan, Tapin Utara, Kabupaten Tapin memulai dengan Pancasila.

Kepsek SMPN 2 Rantau Kenalkan Pancasila dan 5S pada Peserta Didik Baru, ini Tujuannya
ist/hj faridah
Kepala SMPN 2 Rantau, Hj Faridah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pertengahan Juli ini, sebagian besar sekolah di Kabupaten Tapin beraktivitas kembali dan melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah atau dulunya sebelum diubah Pemerintah Pusat, bernama Masa Orientasi Siswa (MOS).

Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah di SMPN 2 Rantau, di Jalan Kesehatan, Kelurahan Rantau Kanan, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin memulai dengan Pancasila.

Hj Faridah, Kepala SMPN 2 Rantau mengatakan mengawali tahun ajaran baru dengan 5 S, yaitu senyum, salam, sapa, sopan fan santun.

Pemilihan materi Pancasila yang akan disampaikan kepada para peserta didik baru, menurutnya perlu ditanamkan kepada peserta didik saat mengawali tahun ajaran baru ialah, pentingnya Pancasila sebagai jati diri bangsa, agar anak-anak peserta didik memiliki jiwa Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca: Sempat Tuai Protes, SMAN 2 Banjarmasin Terpaksa Tambah Satu Kelas Menjadi 13 Rombel

Kemudian, menanamkan karakter kepada peserta didik melalui pengamalan pancasila agar tercipta jiwa yang takut kepada Tuhan-Nya, jiwa yang menjunjung tinggi bangsa negara, jiwa yang bersosial tinggi tanpa mengesampingkan nilai-nilai norma yang berlaku di masyarakat.

"Seperti yang ada dalam Pancasila, serta jiwa yang tak memandang suku atau ras tertentu karena kita adalah satu. Tanpa ada perbedaan," katanya.

Hj Faridah mengaku akan mengarahkan proses belajar dengan pola mengajar dan mendidik yang kondusif, sarana dan prasarana yang lebih lengkap lagi.

Kemudian menambahkan media pembelajaran kepada peserta didik agar proses dan pola mengajarnya tidak membosankan.

Baca: Resmikan Rumah Pangan Kita di Pesantren Walisongo, Paman Birin Pesan Pesantren Harus Maju

"Sekarang zaman sudah canggih dan berinovasi, baik itu segi teknologi mau pun pemikiran kita, agar terciptanya hal yang baru dan memotivasi serta memberikan semangat pada peserta didik, demi menanamkan cita-cita yang tinggi agar mereka terpacu untuk mencapainya," katanya.

Tambahan materi lanjutannya, kata Hj Faridah, adalah wawasan wiyata mandala, pramuka, kesadaran berbangsa dan bernegara, belajar efektif, pendidikan karakter, tata krama siswa dan pengenalan kurikulum pendidikan (Kurikulum 2013). (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved