Berita Kesehatan

Mau Mengusir Lemak Perut yang Membandel? Lakukan Diet Berbeda Ini

Pola makan vegan yang menghindari semua jenis produk hewani memang berdampak positif bagi kesehatan dan berat badan.

Mau Mengusir Lemak Perut yang Membandel? Lakukan Diet Berbeda Ini
net
Penderita kanker tidak boleh berdiet, hanya mengatur pola makan dengan mengurangi daging merah dan memperbanyak sayuran dan buah-buahan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pola makan vegan yang menghindari semua jenis produk hewani memang berdampak positif bagi kesehatan dan berat badan.

Ahli gizi teregistrasi untuk The Vitamin Shoppe, Rebekah Blakely mengatakan, mengeliminasi produk-produk hewani akan membuat pola makan kita sangat rendah lemak jenuh.

Selain itu, menerapkan pola makan vegan juga baik karena tinggi serat. Sebab, sumber-sumber makanan vegan adalah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, legume, hingga biji-bijian utuh.

"Serat bisa membuat kita kenyang, menurunkan gula darah, serta menjaga jantung dan usus tetap sehat," kata Blakely.

Beberapa orang yang menerapkan pola makan vegan juga mendapatkan manfaat lebih, yaitu memiliki tubuh ideal. Menerapkan vegan ternyata juga bisa membantu meluruhkan lemak perut yang membandel.

Menurut Ahli gizi senior untuk Swanson Health, Lindsey Toth, MS, RD, riset menunjukkan bahwa pemakan daging cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih tinggi.

Baca: Gara-gara Insta Story, Luna Maya Hampir Berurusan dengan Hukum, Ada Apa dengan Mantan Ariel NOAH?

Baca: 13 Macam Diet Terbaik Tahun 2019 Turunkan Berat Badan dan Sehat, Diet Mediterania Nomor Wahid

Baca: Simak 5 Cara Melawan Kecanduan Garam dan Gula, Mulai Makan Teratur hingga Diet Puasa

Karena pola makan vegan fokus pada nutrisi berbasis tanaman dan makanan alami, maka membantu target menurunkan berat badan daripada pola makan tradisional.

"Namun, kita tetap harus cermat dan memastikan asupan makronutrien dan mikronutrien cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat," kata Lindsey.

Pemenuhan nutrisi memang harus diperhatikan oleh para pelaku vegan. Sebab jika tidak berhati-hati, orang-orang yang menerapkan pola makan vegan bisa kekurangan nutrisi kunci, seperti zat besi, Vitamin B12, seng, kalsium, hingga asam lemak omega 3.

"Namun mereka yang merencanakan pola makannya dengan baik masih akan mendapatkan nutrisi tersebut, kecuali B12," kata Rebekah.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved