Berita Banjarmasin

DPD RI Berwenang Awasi dan Evaluasi Raperda dan Perda, Ini Harapan Ketua DPRD Kalsel

Artinya dengan aturan ini membagi tugas evaluasi dan pengawasan Raperda di daerah kepada DPD RI melalui Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD)

DPD RI Berwenang Awasi dan Evaluasi Raperda dan Perda, Ini Harapan Ketua DPRD Kalsel
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
H Burhanuddin, Ketua DPRD Provinsi_wm 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - DPD RI melalui Undang-Undang Nomor Nomor 2 Tahun 2018 yang mengatur MD3 mendapat kewenangan baru untuk awasi dan evaluasi Raperda dan Perda di Daerah.

Artinya dengan aturan ini membagi tugas evaluasi dan pengawasan Raperda di daerah kepada DPD RI melalui Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) yang sebelumnya tertumpuk di Kemendagri.

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Burhanuddin menanggapi positif hal ini.

Ia menilai dengan adanya peran BULD di DPD RI tentu fokus fasilitasi dan konsultasi atas penyusunan Raperda di daerah bisa lebih cepat.

Pasalnya selama ini diakui H Burhanuddin, masih ada beberapa Raperda yang sebenarnya sudah selesai di bahas di daerah namun terlambat disahkan karena tidak secara segera difasilitasi oleh Kemendagri.

Baca: DPD RI Punya Peran Baru Sebagai Pengawas dan Pengevaluasi Raperda dan Perda Begini Manfaatnya

"Sampai sekarang memang masih ada Raperda yang belum bisa disahkan karena menunggu fasilitasi Kemendagri," kata H Burhanuddin.

Padahal menurutnya pihaknya sebagai Parlemen di Daerah juga dituntut dan di target untuk menyelesaikan sekian Perda setiap tahunnya yang mau tak mau terkendala akibat masalah tersebut.

Namun pihaknya nyatakan mengerti hal ini mungkin disebabkan karena Kemendagri butuh waktu tak sedikit memfasilitasi permintaan dari seluruh daerah di Indonesia.

"Jadi kami harap peran DPD RI melalui PULD ini masuk untuk mengatasi masalah ini dan bisa percepat proses pembentukan Perda," kata H Burhanuddin. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved