Berita Banjar

Pasar Kuliner II Martapura Mulai Dibangun, Segini Kapasitasnya

Pelan tapi pasti perluasan Pasar Kuliner Barokah di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai berjalan.

Pasar Kuliner II Martapura Mulai Dibangun, Segini Kapasitasnya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
DIBANGUN¬†- Sejumlah pekerja sibuk beraltivitas di lokasi pembangunan pasar kuliner tahap dua di kawasan Jalan Sukaramai, Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pelan tapi pasti perluasan Pasar Kuliner Barokah di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai berjalan. Sejak pekan lalu, para pekerja mulai sibuk membangun pasar kuliner percontohan tersebut.

Itu merupakan pembangunan tahap dua. Bangunan tahap pertama telah selesai dibangun tahun 2018 lalu dan mulai dibuka sekitar sebulan lalu dengan kapasitas 18 pedagang.

Pantauan di lokasi, area perluasan (tahap dua) pembangunan pasar kuliner tersebut berada di lokasi yang sama yakni di kawasan Jalan Sukaramai. Letaknya tak jauh dari kantor Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB).

Bangunan pasar kuliner tahap dua letaknya persis di sebelah bangunan pasar kuliner tahap pertama. Para pekerja mulai sibuk memasang pondasi karena desain bangunanya permanen seperti halnya bangunan pertama.

Baca: Usulkan Penyiringan ke Balai Wilayah Sungai Kalimantan, Banjarbaru Inginkan 5 Km Kemuning Tuntas

Baca: Rizal Ramli Belum Bisa Penuhi Panggilan KPK Sebagai Saksi Terkait Kasus BLBI, Ini Alasannya

Baca: Siap Laksanakan Program Perluasan Tanam di Lahan Rawa, Kelompok Tani Tunggu Transferan Dana

Baca: Ingin Lihat Pengelolaan Hutan Secara Arif, Dosen Netherland Kunjungi Hutan Lindung Liang Anggang

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati beberapa waktu lalu menuturkan pembangunan pasar kuliner tahap dua tersebut menelan dana sekitar Rp 2,46 miliar.

Dibanding lembangunan pasar kuliner tahap pertama, biayanya memang jauh lebih besar. Ini karena kapasitasnya pun juga jauh lebih banyak yakni menampung 48 pedagang.

Sebagai pengelola pasar, PD PBB turut membantu kelancaran pembangunan pasar kuliner tahap dua tersebut. Di antaranya gerak cepat merelokasi pedagang yang sebelumnya menempati area yang saat ini sedang dibangun bangunan pasar kuliner tahap dua.

"Pedagangnya kemarin kami beri tiga opsi tempat penampungan sementara berjualan. Mereka memilih area di samping pasar kuliner dengan pertimbangan tempatnya tak terlalu jaih sehingga para pelanggan mudah mencari," ucap Direktur PD PBB Rusdiansyah, Kamis (11/07/2019).

Di tempat penampungan sementara tersebut, lanjut Rusdiansyah, para pedagang tak dipungut biaya sewa atau gratis. Mereka hanya diminta membayar retribusi standar seperti retribusi kebersihan.

Pengunjung antusias menikmati hidangan di Pasar Kuliner Barokah, Martapura, Kamis (02/05/2019)
Pengunjung antusias menikmati hidangan di Pasar Kuliner Barokah, Martapura, Kamis (02/05/2019) (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Lebih lanjut ia mengatakan kelaknsaat pembangunan pasar kuliner tahap dua telah rampung, pedagang yang menempati akan diseleksi secara cermat.

"Syaratnya sangat mudah yakni cukup bersungguh-sungguh berjualan. Datang dan berjualan. Tempatnya kami gratiskan pada tahap awal penempatan," tandas Rusdiansyah.

Baca: Begini Reaksi Calon Jemaah Haji Ketika Ketahuan Membawa Rokok ke Tanah Suci

Baca: Lihat Kondisi Musala Rusak Dimakan Usia, Koramil Martapura Terjunkan Personel Perbaiki Musala

Baca: Jadwal Piala Super Eropa 2019 Liverpool vs Chelsea : The Reds Incar Juara Keempatnya

Dikatakannya, keberadaan pasar kuliner tersebut tak cuma menjadi percontohan perbelanjaan kuliner. Lebih dari itu mampu memjadi daya tarik bagi masyarakat luas untuk berbelanja barang kebutuhan lainnya di pasar-pasar sekitarnya.

"Harapannya mampu menumbuhkan dan menggairahkan pasar-pasar di sekitarnya di Kota Martapura. Jadi, sambil bersantai bersantap makan di tempat yang nyaman, lalu juga belanja barang kebutuhan lainnya," sebut Rusdiansyah.

Sementara itu kalangan warga Martapura berharap pembangunan pasar kuliner tahap dua itu cepat tuntas. "Supaya tambah asyik aja kan kalau cepat selesai dan segera dibuka. Lalu lintas di Jalan Sukaramai juga agar tak terlalu lama tersendatnya," ucap Romi warga Martapura. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved