Berita Kalteng

Polsek Kapuas Barat Ajak Partisipasi Aktif Masyarakat Cegah Karhutla, Gelar Patroli Dialogis

Patroli dialogis dan sosialisasi kala itu disampaikan kepada warga di Desa Pantai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas.

Polsek Kapuas Barat Ajak Partisipasi Aktif Masyarakat Cegah Karhutla, Gelar Patroli Dialogis
HO/Polsek Kapuas Barat
Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Barat Brigadir Rijal Iswan persiapan patroli dan sosialisasi cegah karhutla di wilayah binaannya di Desa Basuta Raya, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kamis (11/7/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Mendukung komitmen Kalteng bebas kabut asap 2019, Polsek Kapuas Barat gencar turun ke lapangan sosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Misal yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Barat Brigadir Rijal Iswan di wilayah binaannya di Desa Basuta Raya Kecamatan Kapuas Barat, Kamis (11/7/2019).

Kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas mengajak agar turut berperan aktif mencegah terjadinya karhutla.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kami dari Polsek Kapuas Barat mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla," kata Kapolsek Kapuas Barat Ipda Eko Sutrisno, Kamis (11/7/2019).

Personel Bhabinkamtibmas, khususnya, rutin dan aktif turun sosialisasi cegah karhutla.

"Dengan harapan masyarakat terhindar dari dampak negatif yang muncul jika terjadi karhutla dan ekosistem tetap lestari," ungkapnya.

Baca: Kalsel Akan Kedatangan 1.200 Tentara dan 300 Polisi untuk Penanganan Karhutla, Ini Tujuannya

Belum lama tadi, Kapolsek Kapuas Barat juga langsung turun ke lapangan melakukan patroli dialogis sekaligus sosialisasi pencegahan karhutla.

Patroli dialogis dan sosialisasi kala itu disampaikan kepada warga di Desa Pantai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas.

Kapolsek mensosialisasikan maklumat Kapolda Kalteng tentang larangan dan sanksi pidana melakukan kegiatan membuka dan mengolah lahan dengan cara membakar lahan.

"Kegiatan semacam ini akan terus rutin dilakukan sebagai upaya preemtif dalam pencegahan karhutla dengan menggugah kepedulian dan peran serta aktif masyarakat untuk aksi-aksi dalam upaya pencegahan disekitar di lingkungannya," tandasnya.

Baca: Dukung Kalteng Bebas Kabut Asap 2019, Kapuas Intensifkan Upaya Pencegahan Dini Karhutla

Masih menurutnya, kegiatan ini penting dilakukan, karena berdasarkan evaluasi dari kejadian karhutla sebelumnya, manajemen pencegahan karhutla kiranya harus menekankan pada kewaspadaan, kerja sama antara masyarakat atau swasta dengan aparatur pemerintah.

"Maka itu, kami berharap dengan sedini mungkin mencegah karhutla dapat menghindarkan dari dampak kerusakan lingkungan baik flora dan fauna, terganggunya kesehatan maupun kegiatan masyarakat," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved