Berita Nasional

Ternyata Tak Sembarangan Bawa Barang di Sepeda Motor, Ini Aturannya

Namun, perilaku yang kerap ditemui di jalan raya, yaitu banyak pengendara motor membawa barang bawaan melebihi kapasitas dan kemampuan motor

Ternyata Tak Sembarangan Bawa Barang di Sepeda Motor, Ini Aturannya
Instagram/dramaojol.id
Motor angku barang lebihi kapasitas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sepeda motor menjadi pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk berkegiatan, termasuk membawa barang. Namun, perilaku yang kerap ditemui di jalan raya, yaitu banyak pengendara motor membawa barang bawaan melebihi kapasitas dan kemampuan motor itu sendiri.

Padahal sudah jelas akan membahayakan buat diri sendiri dan juga orang lain di sekitarnya. Lagi pula secara aturan hukum sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2014 tentang barang bawaan atau tepatnya merujuk ke pasal 10 Ayat 4 dan pasal 11.

Dalam peraturan itu disebutkan muatan memiliki lebar tidak melebihi setang kemudi. Lalu barang muatan ditempatkan di belakang pengendara.

Baca: Kalau Indonesia Berhasil Pindahkan Ibu Kota Bakal Cetak Sejarah, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Baca: Sikap Tak Terduga Baim Wong Saat Jenguk Agung Hercules yang Kena Kanker Otak, Sempat Bentak Kru

Baca: Pengakuan Kriss Hatta, Tak Pernah Cintai Hilda Vitria dan Nikahi Eks Billy Syahputra, Hamil Duluan?

Selain itu, soal tinggi barang disebutkan bahwa barang bawaan tidak melebihi 900 milimeter atau kurang dari satu meter dari atas tempat duduk pengemudi. Dijelaskan juga pengendara harus mengutamakan faktor keselamatan.

Angkut Barang Pakai Sepeda Motor, Enggak Boleh Sembarangan

Beberapa contoh yang kerap terlihat di jalan raya, yaitu pengendara motor yang menggunakan tas gendong di bagian samping kendaraan melebihi lebar setang kemudi. Ada juga membawa barang melebihi tinggi pengendara saat duduk.

Catatan lain, pengendara juga banyak yang membawa barang melebihi panjang kendaraan. Meski tidak disebutkan dalam peraturan, perilaku ini juga jelas sangat membahayakan pengendara lain.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved