SARABA KAWA

Tim Penilai Lihat Langsung Sayuran Milik Warga, Desa Kambitin Raya Masuk 6 Besar Tingkat Nasional

Desa Kambitin Raya masuk enam besar nominasi nasional lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

Tim Penilai Lihat Langsung Sayuran Milik Warga, Desa Kambitin Raya Masuk 6 Besar Tingkat Nasional
HO/Humas Pemkab Tabalong
Tim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional ke Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kedatangan tim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional ke Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung disambut meriah oleh warga dan penampilan kesenian kudalumping dan reog khas budaya jawa timur, Kamis (11/07/2019).

Desa Kambitin Raya masuk dalam enam besar nominasi nasional lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Masuknya salah satu desa di Kabupaten Tabalong ini setelah menjadi juara pertama dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Setelah didaftarkan ke jenjang di atasnya ternyata masuk nominasi enam besar.

Tim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional ke Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung
Tim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional ke Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung (HO/Humas Pemkab Tabalong)

“Kami sudah menyeleksi Tabalong masuk enam terbaik, dan saat ini penilaian langsung untuk melihat kondisi desa dan program yang dijalankan oleh warga, hasil penilaian akan kami umumkan nanti di Padang,” kata Ketua Tim Penilai Pusat Lomba Hatinya PKK, Hanifah Husein Baldan.

Pekarangan rumah di Desa Kambitin sebagian besar sangat luas dan masih ada lahan yang sebenarnya bisa untuk kembali dimanfaatkan. Namun yang ada sudah menjadi awal yang baik untuk terus ditingkatkan.

"Pemanfaatan holtikultura masih perlu ditingkatkan, sayuran kurang bervariasi namun untuk rempah rempah dan peningkatan daya gunanya sudah sangat baik," ujarnya.

Ttim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional ke Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung, Tabalong.
Ttim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional ke Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung, Tabalong. (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Hanifah Husein Baldan melihat langsung pekarangan rumah warga dengan berjalan kaki. Sesekali mengabadikan tanaman yang ditanam oleh warga. Buah buahan dan sayur sayuran yang ada dihalaman warga selalu menarik perhatiannya.

Pemanfaatan kotoran sapi untik biogas dan pupuk kompos serta dalam perikanan juga menjadi salah satu penilaian dan ikut ditinjau langsung oleh tim penilai.

Ketua PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfiani mengatakan lomba Hatinya PKK selama ini memang banyak memberikan arah pembinaan. Bahkan tidak hanya pada organisasinya hingga ke tingkat provinsi, bahkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tabalong.

Ketua Tim Penilai Pusat Lomba Hatinya PKK, Hanifah Husein Baldan saat memberikan sambutan.
Ketua Tim Penilai Pusat Lomba Hatinya PKK, Hanifah Husein Baldan saat memberikan sambutan. (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Desa Kambitin Raya memiliki banyak prestasi seperti menjuarai berbagai perlombaan baik ditingkat Kabupaten mauoun provinsi. Termasuk dalam desa bebas buang air besar sembarangan melakui program PHBS dan beberapa prestasi lainnya.

"Termasuk menjadi desa percontohan untuk kima tahun terakhir, dengan kegiatan ini menambah motivasi warga untuk terus meningkatkan program PKK termasuk pemanfaatan pekarangan rumah," ujarnya.

Ketua PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfian
Ketua PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfian (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Ayarifah juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah menunjuk Desa Kambitin sebagai juara, sehingga bisa masuk nominasi enam besar.
Dalam penilaian tersebut, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan perwakilan PKK Kalimantan Selatan turut mendampingi. Seluruh SKPD terkait dan warga Desa Kambitin Raya. (AOL/*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved