Berita Banjarbaru

Usulkan Penyiringan ke Balai Wilayah Sungai Kalimantan, Banjarbaru Inginkan 5 Km Kemuning Tuntas

Pemko Banjarbaru menginginkan agar Sungai Kemuning sepanjang lima kilometer bisa disiring membentang secara keseluruhan.

Usulkan Penyiringan ke Balai Wilayah Sungai Kalimantan, Banjarbaru Inginkan 5 Km Kemuning Tuntas
banjarmasinpost.co.id/huda
Puluhan orang tampak memancing di bantaran sungai Kemuning Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru, Selasa (22/1/2019). 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Penyiringan bantaran sungai kemuning Banjarbaru masih belum 100 persen selesai bila dilihat dari panjangnya Sungai Kemuning.

Saat ini penyiringan bantaran Sungai Kemuning Banjarbaru yang sudah selesai penyiringan sepanjang tiga kilometer. Masih ada sekitar dua kilometer yang belum disiring

Beberapa waktu yang lalu. Pemko Banjarbaru menginginkan agar Sungai Kemuning sepanjang lima kilometer bisa disiring membentang secara keseluruhan.

Lokasi kawasan Sungai Kemuning yang belum disiring yakni dari kawasan jembatan kembar hingga jalan Karet. Kondisinya juga bertolak belakang dengan aliran sungai yang sudah di siring.

Baca: Rizal Ramli Belum Bisa Penuhi Panggilan KPK Sebagai Saksi Terkait Kasus BLBI, Ini Alasannya

Baca: Begini Reaksi Calon Jemaah Haji Ketika Ketahuan Membawa Rokok ke Tanah Suci

Baca: Isi Chat WA Ashanty dan Aurel Terbongkar, Ada Permohonan Pilu Putri Anang Hermansyah & Krisdayanti

Baca: Jadwal Piala Super Eropa 2019 Liverpool vs Chelsea : The Reds Incar Juara Keempatnya

Kawasan aliran sungai sepanjang kurang lebih dua kilometer ini masih terkesan kurang terurus. Terkadang sungai dipenuhi tumpukan sampah.

Memang di bagian sisi kanan dan kiri sudah ada disiring. Tetapi siring ini tak membentang panjang dan mengakomodir aliran sungai keseluruhan. Berbeda dengan Siring yang ada di aliran sebelumnya, yang disiring memanjang dan tertata rapi.

"Memang ada perbedaan dengan Sungai Kemuning yang sudah ditata dengan yang belum ditata. Sebagai warga Loktabat Utara, tentunya ingin semua aliran sungai kemuning disiring," kata Yayan, Kamis, (11/7).

Disebutkannya bahwa kondisi sungai yang tersisa, dipenuhi semak dan rumput. Bahkan terkadang ada sampahnya juga.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR Banjarbaru Sumaryono mengatakan Pemko Banjarbaru memang punya wacana untuk melakukan peningkatan Sungai Kemuning tersebut, termasuk dengan penyiringan.

"Kita sudah mengusulkannya kepada Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) II Kementerian PUPR RI. Jadi usulannya Peningkatan sungai kemuning dari Jembatan jembar sampai ke Jalan Karet," kata Sumaryono.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved