Berita Tapin

Blangko KTP Elektronik Minim, Dinas Dukcapil Banjar Lakukan Langkah Ini

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Banjar pun meski menyiasatinya agar pelayanan tetap berjalan.

Blangko KTP Elektronik Minim, Dinas Dukcapil Banjar Lakukan Langkah Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ANTRE - Warga antre memunggu giliran perekaman KTP El di kantor Dukcapil Banjar, Rabu (03/07/2019) siang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Ketersediaan bahan (blangko) Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) saat ini sangat terbatas. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Banjar pun meski menyiasatinya agar pelayanan tetap berjalan.

Upaya yang dilakukan yakni menerbitkan KTP sementara.

"Bentuknya berupa surat keterangan," ucap Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Dukcapil Banjar, Yusi Ansyari Nihe.

Meski hanya berupa surat keterangan (KTP) sementara, jelasnya, namun dokumen itu tetap sah. Artinya, tetap bisa digunakan sebagai kelengkapan administrasi kependudukan.

"Misalnya ketika ingin membikin SIM (surat izin mengemudi), maka KTP sementara itu tetap bisa digunakan dan diakui," jelas Yusi.

Ia menuturkan blangko atau bahan KTP El saat ini memang seret. Hampir semua daerah di Indonesia mengalami hal serupa. Jatah yang didapatkan dari pemerintah pusat sangat sedikit.

Pekan tadi Dukcapil Banjar cuma dapat 500 lembar KTP El. "Ini jelas tidak cukup, kalau dibagikan paling habis hanya dalam waktu dua hari. Soalnya, rata-rata warga yang mengurus KTP sedikitnya 250 orang seharinya," sebut Yusi.

Karena itu sementara ini KTP El hana difokuskan atau diprioritaskan pada hal atau layanan yang urgen. Contohnya melayani warga yang sakit, penyandang disabilitas dan warga yang hendak mengurus imigrasi.

Kondisi itu membuat sebagian warga Banjar gelisah. "Ya kan tetap mantap kalau dapat KTP El ketimbang yang cuma KTP sementara," ucap Rudi, warga Martapura.

Ia berharap pemerintah lebih meningkatkan perhatian mengenai pelayanan KTP El. Soalnya, dokumen ini sangat diperlukan masyarakat kecil.

Pantauan di kantor Dukcapil Banjar, warga tetap antusias mengurus KTP meski saat ini hanya dilayani menggunakan surat keterangan KTO sementara.

"Ya mau bagaimana lagi karena memang diperlukan. Asal sah dan diakui oleh semua pihak, gak masalah sih bagi saya. Tapi mudahan segera cepat datang bahan KTP El nya," kata Rania, warga Indrasari, Kamis (11/07/2019).

Ia medampingi putrinya mengurus KTP sementara di Dukcapil Banjar di Jalan Batiah, Martapura. Anaknya membutuhkan KTP untuk melengkapi persyaratan membikin SIM di Polres Banjar.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved