Selebrita

Daftar Makanan Pemicu Sakit Batu Ginjal Seperti Dialami Dorce Gamalama, Termasuk Ikan Asin?

Inilah daftar makanan pemicu penyakit batu ginjal seperti dialami Dorce Gamalama. Apakah ikan asin termasuk?

Daftar Makanan Pemicu Sakit Batu Ginjal Seperti Dialami Dorce Gamalama, Termasuk Ikan Asin?
tribunnews.com/bayu
Dorce Gamalama saat ditemui di kawasan Kemang 

Sambil melihat-lihat koleksi baju milik Dorce, Melaney pun penasaran dengan total baju yang ada di ruangan tersebut.

"Gila! Banyak banget baju lo bun. Berapa biji baju lo di sini bunda?," tanya Melaney.

"Kalo total semua sih ada sekitar enam ribuan lebih lah," jelas Dorce.

Dari banyaknya baju yang ia miliki, ternyata Dorce memilih menyumbangkan sebagian bajunya untuk orang lain.

Usut punya usut, Dorce juga memiliki alasan tersendiri kenapa ia lebih memilih membeli ketimbang menyewa atau meminjam baju.

"Mohon maaf, aku nggak bisa dipinjemin baju. Kesatu nggak cocok buat aku, kedua mohon maaf itu baju udah dipake orang banyak," terangnya.

Makanan Pemicu Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terjadi karena adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal. Makanan dan minuman tertentu mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan kristal di dalam organ ginjal dan terkadang menyakitkan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sekitar 1% masyarakat Indonesia ternyata menderita penyakit batu ginjal.

Tak hanya itu, ternyata di Amerika kasus ini juga terjadi. Sebanyak 12% masyarakat Negeri Paman Sam mengalami penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekali Anda terkena batu ginjal, maka ada kemungkinan sebesar 50% penyakit batu ginjal akan kembali menyerang Anda.

Biasanya dalam jangka waktu 10 tahun.

Mengutip klikdokter.com, ada baiknya Anda menghindari konsumsi yang berlebihan dari beberapa makanan dan minuman berikut ini:

1. Teh hitam

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung banyak kalsium, oksalat dan asam urat yang kemudian dapat membentuk batu di dalam ginjal.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, sebanyak 80% batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat yang banyak ditemukan pada teh hitam, sehingga dapat memicu seseorang terkena batu ginjal.

2. Makanan asin

Penjelasan dari dr. Karin Wiradarma menyatakan bahwa peningkatan kadar sodium di dalam urine dapat menghambat penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, kalsium akan menumpuk di dalam urine dan dapat menyebabkan terbentuknya batu kalsium pada saluran kemih.

Jadi, sebaiknya jauhkan kripik dan camilan asin dari keseharian Anda dan gantilah dengan mengonsumsi buah atau kacang-kacangan sebagai menu kudapan.

3. Makanan yang diproses

Batasi konsumsi makanan cepat saji atau makanan kalengan sebagai menu makanan Anda sehari-hari.

arena dilansir oleh WebMD, fosfor yang digunakan sebagai pengawet dapat menumpuk dan menjadi pemicu timbulnya penyakit batu ginjal. Bacalah label kemasan dan hindari makanan kemasan yang mengandung fosfor.

4. Makanan tinggi oksalat

Makanan seperti bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe, dan tahu sebenarnya adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Meski demikian, apabila dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat memicu Anda terkena penyakit batu ginjal.

Untuk berjaga-jaga, cokelat dan kopi juga mengandung zat oksalat, jadi konsumsi kedua jenis makanan ini juga harus dibatasi.

5. Daging

Terlalu banyak mengonsumsi daging ternyata dapat membuat urine Anda menjadi asam. Kondisi ini kemudian dapat memudahkan terjadinya batu ginjal jenis asam urat.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi daging yang juga mengandung protein hewani yang baik bagi tubuh. Namun, asupan daging juga perlu dibatasi.

6. Telur

Menurut dr. Sarah Elise Wijono, berbagai produk protein hewani seperti telur jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Sebab protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir dari proses metabolismenya adalah asam urat.

Kadar asam urat yang tinggi dalam urine tersebut dapat membentuk batu asam urat di dalam organ ginjal.

Beberapa jenis makanan di atas memang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan, termasuk daging, telur, dan kacang kedelai.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan di atas dapat berubah menjadi pemicu batu ginjal. Untuk mencegah terkena batu ginjal, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas dalam sehari.

Baca: Kebimbangan Roy Kiyoshi Saat Ditanya Suka Laki-laki atau Perempuan oleh Hotman Paris, Gue Bingung!

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Lama Tak Terdengar, Kabar Sedih Dari Dorce Gamalama Derita Komplikasi, Dokter Minta Segera Dioperasi

Editor: Murhan
Sumber: Surya Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved