Kebakaran Lahan

Data 2018 Mencatat Lahan yang Paling Banyak Terbakar ada di Kawasan Martapura, Segini Luasnya

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin MAP menjelaskan dari data 2018 mulai Januari-Desember terekam luasan lahan yang paling banyak terbakar

Data 2018 Mencatat Lahan yang Paling Banyak Terbakar ada di Kawasan Martapura, Segini Luasnya
BPost Cetak
Blitz edisi cetak Jumat (12/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin MAP menjelaskan dari data 2018 mulai Januari-Desember terekam luasan lahan yang paling banyak terbakar adalah di kawasan Martapura dengan luasan 854,4 hektare dengan kejadian 160 kali kebakaran.

"Kalau di Banjarbaru memang kejadian paling banyak dengan 253 kali kejadian tapi luasan lahannya masih lebih luas Kabupaten Banjar di mana Banjarbaru hanya 650 hektare," tandas Wahyuddin.

Baca: Hubungan Sebenarnya Vanessa Angel dengan Doddy Sudrajat Pasca Jane Shalimar Sebut Sang Ayah Marah

Baca: Penanganan Gakum Karhutla Menurun, Pembentukan Satgas dan Aplikasi ini Dianggap Berhasil

Baca: Kans Ahok BTP Jadi Menteri Jokowi & Maju di Pilpres 2024 Kata Pakar, Didampingi Puput Nastiti Devi?

Karena itu dia meminta kepada pengampu wilayah baik di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru juga aktif dalam pencegahan dan penanganan. Karhutla agar tidak sampai sama seperti di 2018.

Dijelaskan Kepala BPBD Kalsel, Wahyuddin sudah ada enam daerah yang menetapkan siaga karhutla, di antaranya Banjarbaru, Tanahlaut, Batola Balangan HSS, dan Kabupaten Banjar.

"Untuk sosialisasi kami juga coba kerjasama Telekomunikasi akan menyebarkan sms peringatan untuk membakar hutan dan lahan dengan alokasi 150.000 sms," kata dia.

Selain itu, untuk antisipasi pihaknya juga koordinasi dengan Perusahaan rekanan BNPB pusat guna mendatangkan bantuan heli untuk Satgas Udara.

"Insya Allah dalam minggu minggu ini akan ada tiga pesawat yang mau datang, satu heli patroli dua lainnya pesawat boombing dengan jenis Mi 1. diprediksi bulan ini juga datang," kata Wahyuddin.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved