Berita Tanahlaut

Didatangi Bupati Tanahlaut Sukamta, Warga Desa Kayuabang Merasakan Hal Ini

Kedatangan Bupati Tanahlaut Sukamta dan Wakil Bupati Tanahlaut, Abdi Rahman rupanya sangat dinanti warga desa Kayuabang, Kecamatan Tambangulang

Didatangi Bupati Tanahlaut Sukamta, Warga Desa Kayuabang Merasakan Hal Ini
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Bupati Tanahlaut, Sukamta mendapatkan sambutan saat datang ke Desa Kayuabang, Kecamatan Tambangulang, Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Kedatangan Bupati Tanahlaut Sukamta dan Wakil Bupati Tanahlaut, Abdi Rahman rupanya sangat dinanti warga desa Kayuabang, Kecamatan Tambangulang, Tanahlaut, Jumat (12/7/2019).

Bagaimana tidak, pasalnya, dengan kedatangan pimpinan daerah bumi tuntung pandang ini, masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah mereka. Sehingga kemajuan dan perkembangan di Desa Kayuabang pun diharapkan bisa tercapai.

Pj Kepala Desa Kayuabang, Ratri Purwono menerangkan, adanya kedatangan Bupati dan Wakilnya tersebut tentu menjadi hal yang ditunggu. Apalagi ujarnya ini menjelang pesta penen padi. Sehingga beberapa warga yang bertani juga akan menyampaikan permintaan bantuan kepada kepala daerah.

“Sebenarnya ini juga menjadi kesempatan warga untuk menyampaikan permintaan mereka. Pada sesi diskusi nanti, kami akan meminta mesin combine atau mesin panen untuk memudahkan petani panen padi,” ucap Ratri.

Baca: Nelayan Desa Sawaja Candi Laras Utara Tapin Selain Diberi Alat Menangkap Ikan Juga Dibekali Karhutla

Baca: Masalah Berat Badan Ammar Zoni Setelah Nikahi Irish Bella, Pemain Sinetron Cinta Suci Lakukan Ini

Baca: Gunakan Sandi Ikan dan Kepiting, Begini Taktik Cerdik Gubernur Kepri Supaya Sukses Terima Suap

Terlebih tambahnya, lahan yang dikelola para petani mencapai 500 hingga 600 hektar. Meski angka itu juga termasuk lahan yang dimiliki oleh warga Bati-Bati dan Desa Srikandi. Desa yang menjadi tetangga dari Desa Kayuabang.

Selain itu, pada program Manunggal Tuntung Pandang yang merupakan agenda rutin Bupati Tanahlaut dan wakilnya, disajikan pula sejumlah pelayanan publik yang biasa dilakukan di kabupaten.

Adanya pelayanan masuk desa tersebut ujar Ratri cukup membantu masyarakat. Sehingga pengurusan dokumen kependudukan, baik perekaman E KTP. KIA, Kartu Keluarga dan dokomen lainnya, termasuk KIS juga bisa dilakukan pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang.

Pada setiap kegiatan Manunggal Tuntung Pandang yang ditargetkan di 26 desa pertahunnya, juga tersedia Bursa Inovasi Desa. Melalui Bursa Inovasi Desa tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Tanahlaut dapat melihat inovasi yang ada.

Bupati Tanahlaut, Sukamta menerangkan, program Manunggal Tuntung Pandang juga sekaligus sarana menjalin komunikasi kepada masyarakat. Terutama langsung mendengarkan aspirasi mereka.

“Setiap desa tentunya punya permasalahan dan kami mencoba hadir disini untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut,” ujar Sukamta.

Bisa saja ujarnya masalah yang dihadapi apakah harus ditangani tingkat Kabupaten, atau bisa juga kecamatan, desa, bahkan bisa terselesaikan oleh RT.

Selain itu, melalui Manunggal Tuntung Pandang jelas Sukamta juga sekaligus mengintegrasikan seluruh pelayanan dari SKPD yang ada di Kabupaten Tanahlaut.

Tidak kalah penting juga ucapnya, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Terutama para PKL yang berjualan. Karena bisa lebih laku dari hari biasanya.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved