Berita Kotabaru

Hasil Karya Narapidana Lapas Kotabaru Belum Terakomodir, Hanya Jadi Pajangan di Ruang Petugas

Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotabaru memiliki banyak ketetampilan. Siapa sangka, rata-rata mereka telah menghasilkan karya baik

Hasil Karya Narapidana Lapas Kotabaru Belum Terakomodir, Hanya Jadi Pajangan di Ruang Petugas
banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Hasil Seni Lukis Narapidana di LP Kotabaru, bahan dari kulit telur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotabaru memiliki banyak ketetampilan. Siapa sangka, rata-rata mereka telah menghasilkan karya baik kerajinan hingga seni lukis.

Sebelumnya, Banjarmasinpost.co.id telah berkunjung langsung ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) ini untuk melihat hasil karya mereka. Ternyata banyak sekali hasil karya yang dihasilkan warga binaan LP Kotabaru ini.

Ada yang sudah menghasilkan uang dan ada pula yang masih belum. Sebab, tidak ada yang mengakomodir hasil-hasil kerajinan mereka untuk ditampilkan, termasuk dari Pemerintah Daerah Kotabaru.

Padahal banyak yang dihasilkan di antaranya, gantungan kunci yang terbuat dari kayu hingga plastik. Bukan itu saja, guci hingga ukulele dan gitar telah dihasilkan dari paralon bekas yang dibakar. Banyak pula yang menghasilkan lukisan indah dari kulit telur dan karya lainnya.

Baca: Jumlah Uang Krisdayanti yang Ludes demi Jadi DPR Dibongkar ke Najwa Shihab, Ibu Aurel Ungkap Ini

Baca: Ratusan Driver Online Bakal Demo di Perwakilan Gocar dan Grab Kalsel, Terungkap Ini Penyebabnya

Baca: Bayaran Vanessa Angel Pasca Bebas, Cewek Awalnya Dijerat Kasus Prostitusi Artis Bisa Beli Pulau?

Namun semuanya belum terakomodir sehingga hasil-hasil keterampilan mereka itu hanya dipajang di ruang-ruang petugas. Hanya ukulele dan gitar yang bisa dijual dari kenalan-kenalan keluarga narapidana lainnya.

Kepala LP Kotabaru Suhartomo, melalui Kasi Pembinaan Narapidana dan Kegitan Kerja, Rudi Hartono dan Suradi selaku Kasubsi Kegiatan Kerja Narapidana, kepada Banjarmsinpost.co.id, belum lama tadi mengatakan keterampilan di LP Kotabaru cukup banyak. Perlu pengembangan yang lebih intens.

Hanya saja, keterbatasan dan hasil-hasil mereka belum mendapatkan tempat. Sehingga, kreatifitas mereka masih sebatas di dalam LP Kotabaru.

"Kami terus melakukan pembinaan meski petugas terbatas. Segala keperluan warga binaan untuk mendukukng kegiatan keterampilan dan seninya terus diupayakan untuk dibantu meski pihak pemerintah daerah belum mengakomodirnya, " katanya.

Dia mengatakan sempat ditampilka. Saat ada acara di Kementrian beberapa waktu lalu di hari Pemasyarakatan. Namun itu tidak maksimal karena hanya sesama dari lembaga pemasyarakatan dari Kementrian. Semenetara diacara umum baik lokal dan Nasional masih belum bisa.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved