Health

Kebiasaan Tidur yang Aneh Andien dan Keluarga Disorot, Begini Pendapat Ahli

Salah satu tren yang sedang ramai dibicarakan adalah tidur dengan mulut diplester. Andien Aisyah salah satu artis yang mempraktekannya

Kebiasaan Tidur yang Aneh Andien dan Keluarga Disorot, Begini Pendapat Ahli
istimewa
Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tidur menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan tidurlah, manusia bisa mengembalikan kesegaran seluruh organ tubuh.

Berbagai cara dilakukan manusia untuk bisa mencapai kualitas tidur. Salah satu tren yang sedang ramai dibicarakan adalah tidur dengan mulut diplester.

Salah satu yang mempraktikkan metode ini adalah penyanyi Andien Aisyah. Tak hanya Andien dan suami, anaknya yang akrab disapa Kawa juga dilatih tidur dengan memplester mulut.

"Setelah saya menjalankan tidur dengan diplester, ada beberapa kualitas baik yang saya rasakan. Jauh lebih mudah untuk mencapai deep sleep atau tidur yang berkualitas, ketika bangun badan lebih segar, tenggorokan tidak lagi kering, dan pas bangun enggak ada aroma mulut yang nggak sedap," ujar Andien dalam postingan story instagramnya.

Baca: KPK Tetapkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun sebagai Tersangka Suap, Terjaring OTT Rabu (11/7/2019)

Baca: Dikabarkan Resmi ke Persipura, dan akan Boyong Asisten Pelatih, Ini Kata Jacksen F Tiago

Baca: Ayo Ikutan dan Ramaikan Event Game PBUG di Wahana Batulicin Park Tanahbumbu, Ini Hadiahnya

Baca: Dinner on The Beach Pertama Hadir Banjarbaru, Makan Malam Romantis dengan Pasangan

Meski begitu, tren menutup mulut saat tidur juga menimbulkan pro kontra di sosial media. Ada yang mendukung dan langsung praktik, ada juga yang masih meragukan.

Berkaitan dengan memplester mulut saat tidur, Konsultan Laring Faring Departemen THT-KL FKUI RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K) menjelaskan, secara fisiologis manusia bernapas melalui hidung.

Namun, ada saat-saat tertentu di mana mulut secara otomatis terbuka untuk membantu bernapas.

Misalnya saat hidung tersumbat karena sedang pilek atau jika seseorang memiliki anatomi hidung sempit yang membuatnya kesulitan bernapas dengan hidung sehingga membuat mendengkur.

Tidur mendengkur oleh para dokter dikategorikan sebagai Sleep Disorder Breathing (SDB), salah satunya adalah penyakit sleep apnea atau henti napas saat tidur.

Orang dengan gangguan sleep apnea tidak dianjurkan untuk memplester mulut saat tidur, salah satu upaya sederhana dalam metode buteyko breathing seperti dilakukan Andien. Metode ini lebih tepat dilakukan pada penderita asma.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved