Serambi Ummah

Pesan Kemenag Kalsel untuk Para Duta Muslimin Indonesia di Tanah Suci

SECARA berangsur-angsur calon jemaah haji asal Kalimantan Selatan, mulai Selasa (9/7/2019) diberangkatkan menuju Tanah Suci, Madinah al Munawwarah

Pesan Kemenag Kalsel untuk Para Duta Muslimin Indonesia di Tanah Suci
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor hadir Pelepasan Jemaah Haji Kloter Pertama 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - SECARA berangsur-angsur calon jemaah haji asal Kalimantan Selatan, mulai Selasa (9/7/2019) diberangkatkan menuju Tanah Suci, Madinah al Munawwarah dan Makkah al Mukarramah selanjutnya Arafah, Muzdalifah dan Mina, melalui Embarkasi Banjarmasin di Landasan Ulin Banjarbaru, Kalsel.

“Semoga lancar, semoga jemaah calon haji (JCH) Kalsel dapat kembali ke Tanah Air sehat walafiat dan memperoleh haji mabrur," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Kalsel, H Noor Fahmi.

Pihaknya selaku penyelenggara berharap, jemaah haji sebagai duta Banua (Kalsel) dan muslimin Indonesia, yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru menuju Tanah Suci, bisa mencerminkan perilaku sebagai Warga Negara Indonesai (WNI) yang baik, terutama mengenai keislaman di Indonesia.

Baca: Masih Kecil, Rafathar Sudah Warisi Sifat Raffi Ahmad, Nagita Slavina: Bapaknya Banget

Baca: Hubungan Sebenarnya Vanessa Angel dengan Doddy Sudrajat Pasca Jane Shalimar Sebut Sang Ayah Marah

Baca: Sindiran Nagita Slavina ke Raffi Ahmad Saat Rafathar Minta Ketemu Gempita, Putri Gisella Anastasia

Guna kelancaran prosesi atau menunaikan manasik ibadah haji, pihak panitia memberangkatkan pula pendamping untuk ketertiban dan memudahkan koordinasi.

Setiap kelompok terbang (kloter) berjumlah 320 orang JCH, ada Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) serta didampingi lima petugas kloter yang terdiri atas satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau ketua kloter, satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), tiga orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI); terdiri satu orang dokter dan dua orang perawat.

Dijelaskan dia, JCH Embarkasi Banjarmasin Tahun 1440 H/ 2019 M berjumlah 6.056 orang dengan rincian 4.136 JCH asal Kalimantan Selatan dan 1.920 JCH asal Kalimantan Tengah terbagi dalam 19 kloter.

Menurut Noor Fahmi, JCH akan diberangkatkan dalam dua gelombang, yaitu gelombang I kloter BDJ 01 sampai kloter BDJ 07 ke Madinah (Masjid Nabawi dan Makam Nabi Muhammad SAW) dan gelombang II menuju Mekkah (kloter BDJ 08 s.d kloter BDJ 19).

Seyogianya jumlah JCH dan petugas kloter ini utuh 325, namun ada tiga orang JCH mutasi ke kloter berikutnya, karena alasan di antaranya sakit dan satu orang wafat di daerah.

Selama berada di Asrama Haji, JCH mengikuti berbagai kegiatan terkait persiapan menjelang keberangkatan, di antaranya pemeriksanaan kesehatan, proses penyerahan dokumen (seperti
penyerahan paspor, uang haji living cost, pemasangan gelang jemaah) dan pemantapan manasik.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved