Haji 2019

Sepekan di Madinah, Besok Jemaah Calon Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Mekkah

Setelah sepekan berada di Madinah, Jemaah haji Indonesia yang masuk dalam kelompok terbang(kloter) akan mulai diberangkatkan ke Mekkah pada 14 Juli

Sepekan di Madinah, Besok Jemaah Calon Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Mekkah
TRIBUNNEWS/M HUSEIN SANUSI
Petugas Haji dan Jamaah Haji melakukan salat berjamaah di dalam kabin pesawat Garuda Indonesia yang akan menuju Jeddah, Arab Saudi, Rabu (10/7/2019). Sebanyak 370 Petugas Haji Daerah Kerja Mekkah diberangkatkan dari Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, sejak Selasa 9 Juli 2019 untuk melayani segala kebutuhan Jamaah Haji asal Indonesia. TRIBUNNEWS/M HUSEIN SANUSI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Setelah sepekan berada di Madinah, Jemaah haji Indonesia yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) akan mulai diberangkatkan ke Mekkah pada 14 Juli besok.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Akhmad Jauhari mengatakan, jamaah pertama yang diberangkatkan ke Mekkah adalah yang pertama kali tiba di Madinah.

Yakni dari Embarkasi Surabaya kloter 1 (SUB 1), Embarkasi Batam kloter 1 (BTH 1) dan jemaah dari embarkasi Batam kloter 2 (BTH 2).

Mereka telah menyelesaikan salat Arbain (40 waktu) di Masjid Nabawi dan berkunjung ke situs-situs sejarah Islam seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud.

Baca: Pembantaian Puluhan Nyawa Terjadi di Papua Nugini, Tubuh Dimutilasi dan Rumah Terbakar

Baca: Tes DNA Setelah 12 Tahun, Suami Femmy Permatasari Baru Tahu Anak Mantan Istri Bukan Anak Kandung

Baca: Pasca Pembelian Sistem Rudal S-400 Dari Rusia, Turki Langsung Dapat Ancaman AS

Baca: Bukan Rp 3,5 Miliar Saja, Gubernur Kepri Juga Simpan USD 33.200, dan SGD 134.711 di Kamar

"Persiapan selanjutnya adalah penyiapan dokumen, dokumen (paspor-red) yang selama ini disimpan oleh muassasah," kata Jauhari di kantor Daker Madinah, Kamis (11/7) dikutip dari laman Kemenag.

Menurutnya, sejak H-3 pemberangkatan harus dilakukan pengecekan dokumen jemaah haji di kantor muassasah adillah oleh para ketua kloter, dan didampingi PPIH.

Hal ini agar seluruh dokumen jemaah haji embarkasi SUB 1 dan BTH 1 dan 2 sudah lengkap dan dikelompokkan sesuai rombongan.

"Jika ada satu jemaah yang dokumennya belum siap maka jemaah itu tidak bisa diberangkatkan pada hari tersebut," katanya.

Selain mengecek dokumen jemaah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga berkoordinasi dengan pihak naqobah (organda Arab Saudi) terkait transportasi pemindahan jamaah ke Mekkah.

Selain itu juga berkoordinasi dengan Daerah Kerja (Daker) Mekkah untuk penerimaan jamaah.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved