Berita Nasional

11 Jenderal Polisi Daftar Capim KPK, Saut Situmorang : Kita Tak Boleh Melarang Siapapun Mendaftar

Ia mengatakan, siapapun boleh mendaftar namun pimpinan KPK periode 2019-2023 harus independen, bebas dari intervensi dan pengaruh siapapun.

11 Jenderal Polisi Daftar Capim KPK, Saut Situmorang : Kita Tak Boleh Melarang Siapapun Mendaftar
tribunnews.com
Saut Situmorang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SURABAYA - 11 Jenderal polisi aktif lolos seleksi administrasi menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dilansir dari Kompas.com, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Saut Situmorang menanggapi banyaknya jenderal polisi yang lolos seleksi administrasi calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Ia mengatakan, siapapun boleh mendaftar namun pimpinan KPK periode 2019-2023 harus independen, bebas dari intervensi dan pengaruh siapapun.

"Begini, saya hanya mengatakan kita tidak boleh melarang (jenderal polisi). Karena undang-undang tidak melarang siapapun. Tapi pesan saya, Anda datanglah ke KPK antara kamu dan Tuhanmu," kata Saut saat menggelar Roadshow Bus KPK "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi" di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (14/7/2019). 

Menurut Saut, tugas panitia seleksi harus mencari orang-orang berintegritas untuk memimpin KPK dan memerangi korupsi.

"Jadi siapapun, datanglah kamu ke KPK dengan Tuhanmu saja. Bahkan istri kita juga jangan ngatur-ngatur. Sebab, kita kadang-kadang ekspos kasus jam tiga pagi (dinihari)," ujar dia.

Baca: Nurdin Sempat Kabur Pakai Speedboat, KPK Tetapkan Gubernur Kepri Jadi Tersangka

Baca: Temukan Banyak Uang di Kamar Gubernur Kepri, KPK Duga Nurdin Terima Gratifikasi dari Berbagai Sumber

Karena itu, ia tak mempersoalkan banyaknya jenderal polisi yang mendaftar capim KPK. Ia hanya mengingatkan, pimpinan KPK harus berani, jujur, dan bertanggung jawab.

"Jadi siapapun, melamarlah mudah-mudahan lulus. Tapi yang paling penting, Anda datang, kejar orang jahat dan jangan dipengaruhi oleh siapapun," tutur Saut.

Dari hasil seleksi administrasi, semua jenderal polisi yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK periode 2019-2023 dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Hasil seleksi administrasi ini diumumkan Panitia Seleksi Capim KPK dalam jumpa pers di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved