Berita Tabalong

Dengan Aplikasi Sake, Pendaftaran Kewarganegaraan Bisa Diakses Melalui Internet

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Ferdinand Siagian mengingatkan begitu pentingnya status kewarganegaraan karena akan berimplikasi pada hak

Dengan Aplikasi Sake, Pendaftaran Kewarganegaraan Bisa Diakses Melalui Internet
Foto Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk BPost
Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan di Kabupaten Tabalong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Ferdinand Siagian mengingatkan begitu pentingnya status kewarganegaraan karena akan berimplikasi pada hak dan kewajiban sebagai subjek hukum.

Analis Keimigirasian Ahli Utama tersebut juga bercerita bagaimana masifnya pemerintah menerima pencari suaka di Indonesia yang mencapai ratusan ribu orang.

"Dari Iran hingga Afganistan sekarang mencari suaka," terangnya, Minggu (14/7).

Hal itu disampaikannya pada kesempatan usai membuka kegiatan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (selanjutnya Kemenkum HAM) yang menggelar Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan di Kabupaten Tabalong.

Menghadirkan Kepala Seksi Kehilangan Kewarganegaraan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Maryatun, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Subianta Mandala.

Baca: Kekecewaan Ribuan Pendukung Prabowo-Sandi, Pasca Prabowo Bertemu Jokowi Diungkap Dahnil Anzar

Baca: Tayang 29 Agustus, untuk Adegan di Sini, Film Gundala Melibatkan 1.800 Pemain

Baca: Kondisi Terkini Agung Hercules Drop dan Masuk ICU Karena Kanker Otak? Ade Rai Ungkap Hal Ini

Baca: Penampilan Tak Biasa Syahrini Saat Suapi Reino Barack, Dua Benda Ini Jadi Sorotan

Subianta mengatakan status Kewarganegaraan juga bukan hanya berimpilkasi pada status di KTP, namun pula menjadi faktor penting.
"Dalam ilmu kenegaraan unsur-unsur negara salah satunya kan adanya warga negara," jelasnya.

Selain itu, jebolan magister hukum Universitas Melbourne, Australia tersebut juga berharap kepada hadirin yang hadir agar memberikan pemahaman yang sama kepada masyarakat.

"Perlu ada penguatan sinergis lebih lanjut antara Kantor Wilayah, Imigrasi, Dinas pencatatan sipil, dan para pihak terkait karena banyaknya publik kebingungan misalnya apabila terjadi kawin campuran antara warga negara Indonesia dan Warga Negara Asing untuk status sang anak," tukasnya.

Senada dengannya, Maryatun memberikan penjelasan lebih detil mengenai pendaftaran kewarganegaraan yang sekarang bisa di akses melalui internet.

"AHU sudah mengembangkan aplikasi SAKE (sistem administrasi kewarganegaraan)," katanya.

Melalui SAKE, menurutnya dari pendaftaran hingga verifikasi dilakukan secara online jadi semua pihak bisa memantau perkembangan sehingga masyarakat di daerah tak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta.

Camat Batumandi Kabupaten Balangan Aswal Salahudin mengapresiasi langkah Kemenkum HAM yang menggelar sosialisasi hingga ke banua anam.

“Memang di daerah masih banyak yang belum paham mengenai hal tersebut,” ungkapnya.

Adapun instansi yang berhadir pada kegiatan tersebut diantaranya aparat pemerintah Kelurahan; Kecamatan; Kabupaten, dinas pendidikan yang berada di Tabalong dan Balangan dan para penegak hukum.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved