Berita Nasional

Sisa-sisa Kehebohan Pertemuan Jokowi-Prabowo, Warganet Milenial Banyak yang Kecewa, Kaget dan Sedih

Pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan rivalnya dalam Pilres 2019, Prabowo Subianto, di Stasiun MRT Lebak Bulus

Sisa-sisa Kehebohan Pertemuan Jokowi-Prabowo, Warganet Milenial Banyak yang Kecewa, Kaget dan Sedih
nstagram @pramonoanungw
Prabowo Subianto dan Jokowi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANDUNG - Pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan rivalnya dalam Pilres 2019, Prabowo Subianto, di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Sabtu (13/7/2019) mengejutkan warganet.

Indonesia Indicator (I2) melalui kajian analisis media sosial mencatat, sejak pukul 11.30 hingga 17.35 WIB, terdapat 56.000 percakapan yang ditujukan pada Jokowi. Sementara, percakapan yang menyebut nama Prabowo mencapai 101.027.

"Sebanyak 79 persen netizen yang merespons pertemuan bersejarah kedua tokoh itu adalah kaum milenial. Sebanyak 67 persen netizen yang menaruh perhatian adalah laki-laki," ujar Direktur Komunikasi (I2) Rustika Herlambang saat dihubungi, Minggu (14/7/2019).

Menurut Rustika, pada percakapan di Twitter yang menyebut nama Prabowo, netizen terlihat ada kesan kecewa, kaget, dan sedih saat pertemuan tersebut terjadi. Secara garis besar, emosi yang ditujukan kepada Prabowo lebih bervariasi.

Baca: Peneliti LIPI : Menteri Milenial Dinilai Bisa Berdampak Positif untuk Pemerintahan Jokowi

Baca: Perbuatan Nyeleneh Kopda H, Berseragam Lengkap Anggota TNI Lalu Curi Kotak Amal Masjid

Baca: Berikut 4 Fakta Siswa Taruna Tewas Usai Orientasi, dari Jalan Kaki 8,7 Km hingga Ada Memar di Kepala

Baca: Galih Ginanjar Tersangka Video Ikan Asin, Barbie Kumalasari Terus Berharap Fairuz Maafkan Suaminya

"Hal itu diakibatkan karena percakapan soal rekonsiliasi masih menjadi isu di kalangan pendukung Prabowo di linimasa," ungkapnya.

Saat pertemuan itu terjadi, perbedaan pendapat antar-warganet yang sepakat rekonsiliasi dan tidak setuju terlihat begitu kontras.

Rustika mengungkapkan, percakapan tentang Jokowi dan Prabowo pascapilpres hampir setiap hari bergaung di linimasa Twitter.

Setiap hari, kata dia, selalu saja ada trending topik yang senantiasa dimunculkan oleh para netizen tentang harapan mereka terhadap capres dan cawapresnya.

"Salah satu isu besar yang dimunculkan dan menjadi perdebatan adalah isu rekonsiliasi. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju," ucap Rustika.

Menurut dia, sepanjang Sabtu (13/7/2019), Prabowo menjadi sentral percakapan netizen.

Sementara itu, pada percakapan yang dominan menyebut nama Jokowi, pada awalnya terlihat bahwa emosi trust, dukungan, kesepakatan pada keputusan Jokowi merupakan emosi terbesar.

Selain itu, emosi joy yang mengutarakan kesenangan dan emosi anticipation yang berisi harapan terhadap pertemuan itu juga diungkapkan oleh netizen melalui cuitannya.

"Pernyataan Jokowi soal "cebong" dan "kampret" paling banyak dikutip oleh netizen, dan lagi, direspons dengan berbagai emosi," tutupnya.

Berita ini juga ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved