Berita Tapin

2020 TPA Tapin di Desa Hatiwin Dibenahi, Biayanya Sharing Pemerintah Pusat

Desain perencanaan pengelolaan persampahan, yaitu pembuatan landfil baru atau parit baru untuk menimbun sampah di kawasan Tempat Pembuangan Akhir

2020 TPA Tapin di Desa Hatiwin Dibenahi, Biayanya Sharing Pemerintah Pusat
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin
Inilah penampakan kondisi TPA Hatiwin di Desa Hatiwin Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, belum lama ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Desain perencanaan pengelolaan persampahan, yaitu pembuatan landfil baru atau parit baru untuk menimbun sampah di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Hatiwin akan direalisasikan Pemerintah Kabupaten Tapin pada 2020 mendatang.

Rencana itu diungkap Bupati Tapin HM Arifin Arpan sesuai melepas keberangkatan jamaah calon haji asal Kabupaten Tapin di ruang induk Masjid Agung Humasa Rantau, Senin (15/7/2019).

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan, TPA Hatiwin itu memiliki bobot yang sangat tinggi dalam penilaian Adipura, nomor duanya pengelolaan sampah di pasar tradisional.

Menyikapi kondisi TPA Hatiwin yang over kapasitas pada akhir 2020 itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengaku masih menunggu pihak Kementerian Lingkungan Hidup.

Baca: Menghilang dari Rumah, Patimah Ditemukan di Sungai Berjarak Seratus Meter dari Rumahnya

Baca: Jangan Takut Colok Dubur, Menurut Dokter Ini Manfaatnya Lebih Besar dari Geli dan Risihnya

Baca: Seporter Juventus Ini Miliki Rudal Udara, Senapan Otomatis Peninggalan Nazi, untuk Fans Lawan?

Menurutnya, perlu sharing pembiayaan dengan Pemerintah Pusat untuk membuat landfil baru di kawasan TPA Hatiwin tersebut.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan optimistis penilaian Adipura tahun ini akan kembali diraih Kabupaten Tapin.

Seperti diwartakan sebelumnya, kondisi TPA Hatiwin yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin kondisi sudah hampir penuh.

Ketinggian tumpukan sampah dari bibir tanggul sudah mencapai kurang dari delapan meter. Itu berarti ancaman jebol atau rentan terjadinya longsoran sampah.

Kekhawatiran jebolnya tanggul TPA Hatiwin karena dapat mencemari lingkungan sekitar. Lingkungan yang tercemar itu paling dekat Desa Hatiwin di Kecamatan Tapin Selatan dan Desa Salam Babaris di Kecamatan Salam Babaris.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin, H Hanafi Gobeth dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, tak membantah.

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved