Berita Banjarbaru

APBD Kalsel Sudah Tersedot Rp 300 Miliar untuk Jalan Bandara, Kini Pemprov Berharap Dibantu APBN

Ditotal sejak 2012 Pemprov sudah menggelontorkan kurang lebih Rp 300 miliar untuk pembangunan jalan menuju Bandara Syamsudin Noor

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kalsel sejauh ini sudah bersusah payah untuk membuat akses jalan menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

Ternyata bukan hanya tahun ini saja. Program untuk ke jalan Bandara Syamsudin Noor di lingkar utara ini sudah berlangsung sejak 2012.

Dari tahun itu dikalkulasikan Pemprov Kalsel sudah menurunkan Anggaran dari APBD untuk jalan menuju proyek Strategis Nasional (PSN) itu tidak sedikit jumlahnya.

"Kalau ditotal sejak 2012 Pemprov sudah menggelontorkan kurang lebih Rp 300 miliar," kata Kadis PUPR Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Yasin Toyib, Senin (15/7/2019).

Dijelaskan dia bahwa itu bukti Pemprov Kalsel terus berjuang untuk menyelesaikan akses Bandara ini.

Kini menurutnya akses ke Bandara itu masih sisa tiga kilo dari Kasturi ke akses bandara yang belum selesai. Itu harapannya dikerjakan dari pendanaan APBN mengingat ini mendukung akses proyek strategis nasional (PSN).

"Kita terakhir sudah menyuarakan ketika ada dialog bersama Menko perekonomian," kata Yasin Toyib.

Sembari mengusahakan untuk memasukkan program ke Nasional karena Bandara masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN), Akses jelan bandara terus dikebut oleh pihak Pemprov.

Ada empat paket yang digarap pada APBD Pemprov sebagai dukungan untuk akses Jalan Bandara.

Pertama Paket Jalan Golf Panjang, ruas jalan 5,8 kilometer. Penanganan sepanjang 500 meter dengan lebar 16 meter (Nilai kontrak Rp 4,517 Miliar).

Kemudian ada paket, pembangunan Jalan Simpang Tiga Golf-Jalan Kasturi (Paket 1) panjang ruas 2,8 kilometer, penanganan sepanjang 1 kilometer dengan lebar 20 meter lebar aspal 16 meter (Nilai kontrak Rp 17,700 miliar).

Sementara Paket II pembangunan Jalan Kasturi-Jalan Akses Bandara-Jalan Lingkar Utara Banjarbaru dengan alokasi dana Rp 4,96 miliar dengan penanganan sepanjang 320 meter, dengan lebar 16 meter.

Dan ada juga paket simpang tiga lingkar utara--Simpang Tiga Jalan Golf panjang ruas 5,2 kilometer. Paket ini penanganannya sepanjang 606 meter dengan lebar 20 meter, lebar aspal 16 meter (Nilai kontrak Rp 9,4 miliar). (lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved