Berita Kalteng

Dua Hektare Lahan Terbakar di Kasongan Lama Kalteng, Ini Yang dilakukan Jajaran Polres Katingan

Hari Jumat (12 /7/2019) pukul 11.00 WIB, terjadi kebakaran lahan kurang lebih 2 Ha, di jalan Galunggung san Jalan Merbabu Kelurahan Kasongan lama.

Dua Hektare Lahan Terbakar di Kasongan Lama Kalteng, Ini Yang dilakukan Jajaran  Polres Katingan
HO/Polres Katingan
Petugas Polres Katingan melakukan pemasangan garis polisi di lokasi bekas lahan terbakar di Kasongan Lama. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KASONGAN - Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut Palangkaraya Kalteng dalam tahun ini akan mengalami musim kemarau panjang sehingga rawan terjadi kebakaran lahan mulai terjadi di beberapa daerah.

Bersadarkan data Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kalimantan Tengah, terdata lahan yang terbakar dua hari yang lalu mencapai 226 hektare lebih di Kotim, Palangkaraya, Kobar dan Barito Utara, namun, hingga, Senin (15/7/2019) lokasi kebakaran meluas hingga ke Katingan.

Kapolres Katingan, AKBP E Dharma B Ginting, mengungkan, pada Hari Jumat (12 /7/2019) pukul 11.00 WIB, terjadi kebakaran lahan kurang lebih 2 Ha, di jalan Galunggung dan Jalan Merbabu Kelurahan Kasongan lama ecamatan Katingan Hilir KabupatenKatingan pada titik koordinat BT 113.393 LS -1.9038.

Menindaklankutinya, pihaknya melalui tim terpadu yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar dan masyarakat melakukan pemadaman sehingga api tidak meluas ke pemukiman masyarakat di sekitarnya.

"Kami padamkan api secara gotong-royong," ujarnya.

Baca: Udara Palangkaraya Bercampur Bau Asap Dampak Karhutla, Wali Kota Fairid Naparin Ikut Padamkan Api

Baca: 1.200 Tentara dan 300 Polisi Dikerahkan Membantu Penanganan Karhutla, ini Kata Dandim 1006/Mtp

Baca: BPBD Balangan Tetapkan Siaga Darurat Karhutla dan Kekeringan, Bantuan Air Bersih Disalurkan

Dia mengungkapkan, dari keterangan para saksi awal mula api diperkirakan berasal dari sekitar bangunan sekolah madrasah Nurul Haaq yang berada di jalan Galunggung Kelurahan Kasongan lama Kecamatan Katingan Hilir.

Petugas Polres Katingan saat melakukan pemasangan garis polisi (police line) di lokasi lahan yang terbakar di Katingan.
(HO/Polres Katingan)
Petugas Polres Katingan, bersama BPBD dan warga setempat bergotong royong melakukan pemadaman  di lokasi lahan yang terbakar di Katingan.

"Lokasi yang terbakar masuk dilakukan penyelidikan, dipimpin Kasat Reskrim Polres Katingan, TKP dilakukan pemasangan spanduk pemberitahuan dan garis polisi (police line)," ujarnya.

Tanaman dilahan yang terbakar berupa pohon yg masih hidup dan sebagian pohon bekas dipotong, korban jiwa Nihil, Sekitar pukul 15.00 wib, api sudah bisa dipadamkan." Petugas di Polsek Katingan Hilir di bakap Satuan Reskrim Polres Katingan memeriksa para saksi dipolsek Katingan Hilir, Pulbaket dan Lidik lebih lanjut,' ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved