Berita Tanahbumbu

Edukasi Warga Soal Larangan Pungli di Sungai Loban Tanahbumbu, Polisi Ini Pilih Gunakan Brosur

Upaya ini dianggap salah satu cara efektif menyampaikan sosialisasi, selain dengan berkomunikasi langsung dengan warga melalui kegiatan sambang desa.

Edukasi Warga Soal Larangan Pungli di Sungai Loban Tanahbumbu, Polisi Ini Pilih Gunakan Brosur
HO/Polsek Sungai Loban
Brigadir M Abduh, anggota Polsek Sungai Loban, Tanahbumbu membagikan brosur tentang pencegahan praktik pungli dan suap kepada warga di Sungai Loban, Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Beragam media dilakukan untuk mengedukasi masyarakat, upaya mencegah terjadinya praktik pungutan liar (Pungli). Salah satu cara itu, dengan membagikan brosur.

Upaya ini dianggap salah satu cara efektif menyampaikan sosialisasi, selain dengan berkomunikasi langsung dengan warga melalui kegiatan sambang desa.

Hal itu tidak terlepas dari kegiatan rutin Bhabinkamtibmas yang selalu aktif, baik secara rutin terlebih ketika ada kegiatan masyarakat. Sosialisasi dan edukasi soal pungli selalu disisipkan.

Seperti dilakukan Brigadir M Abduh, anggota Polsek Sungai Loban sekaligus Bhabinkamtibmas Desa Marga Mulya, Kecamatan Sungai Loban, Tanahbumbu ini.

Selalu aktif dalam setiap kegiatan masyarakat. Selain menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, kehadian Brigadir M Abduh ingin mengetahui jika ada permasalahan di desa binaannya.

Baca: Prihatin pada Paman Pentol Pengidap Kanker di RS Ratu Zalecha, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Banjar

Baca: Para Transmigran Hengkang dengan Membawa Uang Hasil Penjualan Lahan yang Diberikan Pemerintah

Baca: Dua Hektare Lahan Terbakar di Kasongan Lama Kalteng, Ini Yang dilakukan Jajaran Polres Katingan

Dalam setiap sosialisasi, Brigadir Abduh selain mengimbau tentang larangan pungutan liar.

Namun imbauan disampaikan berkaitan dengan gratifikasi, karena dinilai perbuatan tersebut melanggar hukum. Bahkan dapat diancam hukuman pidana.

Upaya pencegahan ini, lanjut dia, agar tercipta pelayanan yang bersih, transparan dan cepat. Sehingga masyarakat merasa puas dan tidak terbebani.

Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro SIK melalui Kapolsek Sungai Loban Iptu H Tony Haryono SE.MM merespon positif setiap kegiatan dilakukan anggota.

Mengedukasi masyarakat tentang pungli, sehingga praktik pungli atau suap dapat dicegah di masing-masing desa menjadi binaan Bhabinkamtibmas.

"Dengan bisa dicegahnya pungli, akan selalu tercipta situasi aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Sungai Loban," harap Tony.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved