Berita Banjarmasin

Kisah Perjuangan Agus Sasirangan Menjadi Chef Nasional, Kini Promosikan Masakan Banjar ke Finlandia

Di restoran itu, Agus menciptakan 38 masakan. Malah masakannya dibawa Agnes ke Amerika Serikat untuk dicicipi manajamen penyanyi ternama Rihana.

Kisah Perjuangan Agus Sasirangan Menjadi Chef Nasional, Kini Promosikan Masakan Banjar ke Finlandia
(istimewa/Agus Sasirangan)
chef Agus baru-baru ini melakukan demo memasak dalam gelaran Islamic Halal and Festival 2019 di Johor Bahru, Malaysia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keberhasilan Agus Sasirangan meraih juara kedua Chef Master Indonesia 2011 telah melambung­kan namanya hingga kini. Tak hanya main film dan menjadi konsultan film Chooking Camp, dia juga diminta penyanyi papan atas Indonesia, Agnez Mo, sebagai food consultant restorannya, Redbox, di Jakarta.

Diceritakan Ketua Yayasan Pecinta Sasirangan Kalsel ini, sewaktu menjadi konsultan film Chooking Camp, ada keponakan Agnes yang main.

“Saya kan suka membahagiakan orang dengan memasak dan ada mama serta kaka Agnes ke lokasi syuting. Mereka mencicipi masakan dan ternyata suka sekaligus mengajak saya menjadi konsultan restaurant Agnes. Ini suatu kebanggaan, saya dipercaya menjadi konsultan film dan restoran nasional. Ini menunjukkan, urang Banjar pun bisa berprestasi di nasional asal sungguh-sungguh menekuninya,” kata Chef Agus.

Di restoran itu, Agus menciptakan 38 masakan. Malah masakannya dibawa Agnes ke Amerika Serikat untuk dicicipi manajamen penyanyi ternama Rihana.

Baca: Karier Agus Sasirangan Kian Moncer dari Konsultan Film hingga Restaurant Agnes Mo

Pemilik Restaurant Mie Bancir Banjarmasin ini pun diminta mengenalkan masakan Banjar di Johor, Malaysia, pada April 2018. Ada empat masakan Banjar yang ditampilkan Agus di antaranya masakan bestek dan mi bancir. Masakannya juga dicicipi Perdana Menteri Malaysia.

“Saya juga sempat diwawancarai TV Malaysia dan membagikan buku resep masakan Banjar disana,” ucapnya.

Rencananya, Agus melakukan promo budaya Kalsel di Finlandia pada tahun ini. Dia akan menyiapkan soto Banjar, ayam panggang hingga wadai Kakoleh di festival itu. Supaya orang Finlandia bisa membuatnya, Agus telah membikin tutorial cara mengolah masakan khan Banjar tersebut.

Agus pun tak pelit membagi resep di instagramnya, Sedekah Resep. Ada sekitar 70 resep diunggahnya. Agus juga telah mempersiapkan banyak resep baru untuk diunggah. Selanjutnya resep-resep dia akan bikin menjadi buku.

Agus Sasirangan (kiri) bersama Ringgo Agus.
Agus Sasirangan (kiri) bersama Ringgo Agus. (istimewa/agus sasirangan)

Keberhasilan Agus menjadi chef yang go national bahkan internasional, bukan lah seperti membalikkan telapak tangan. Itu dirintisnya sejak 20 tahun lalu.

“Saya diajari memasak oleh mama sejak kelas 2 SD. Saat kelas 5 SD, saya ditinggal ibu yang jago memasak menjadi TKW. Mau tak mau Agus pun belajar memasak habang, nasi goreng dan lain-lain,” katanya.

Baca: Agus Sasirangan Mengikuti Lomba Mulai Tingkat Sekolah

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved