Bisnis

Larang Impor Solar, Pemerintah Wajibkan Badan Usaha Beli ke Pertamina

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengarahkan sejumlah Badan Usaha (BU) untuk melakukan pembelian solar ke PT Pertamina (Persero).

Larang Impor Solar, Pemerintah Wajibkan Badan Usaha Beli ke Pertamina
banjarmasinpost.co.id/dok
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengarahkan sejumlah Badan Usaha (BU) untuk melakukan pembelian solar ke PT Pertamina (Persero).

Langkah ini dibenarkan Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) sekaligus Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto yang ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). "Jika Pertamina kelebihan solar maka BU lakukan negosiasi business to business dengan Pertamina," jelas Djoko, Senin (15/7/2019).

Adapun Djoko menambahkan, selama ini Pertamina memiliki kelebihan pasokan solar CN 48. "Nah untuk yang kelebihan beli dari Pertamina lebih murah dong," sebut Djoko.

Ia menambahkan seandainya kedua pihak tidak menemui kata sepakat dalam negosiasi maka BU perlu melaporkan hal tersebut ke Dirjen Migas Kementerian ESDM.

Baca: Rupiah Kembali Menguat ke Kisaran 13.900 Setelah Pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto

Baca: Ayu Ting Ting Sewot Ivan Gunawan Cari Jodoh, Karena Ada Wika Salim di Brownis Trans TV?

Baca: Demi Galih Ginanjar di Tahanan, Barbie Kumalasari Telepon Fairuz: Diangkat Terus Dimatiin Lagi

Sementara itu menurut Djoko arahan tersebut memang dilakukan oleh Kementerian ESDM. "Sifatnya disarankan keras," ujar Djoko.

Kendati demikian menurut Djoko, jika memang spesifikasi solar yang dibutuhkan tidak terpenuhi maka Kementerian ESDM akan memberikan rekomendasi impor bagi BU tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Impor solar dilarang, badan usaha harus beli ke Pertamina

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved