Ekonomi dan Bisnis

Rupiah Kembali Menguat ke Kisaran 13.900 Setelah Pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada Senin (15/7/2019) pagi ini kembali menguat ke kisaran 13.900. Penguatan ini ditopang sentimen positif

Rupiah Kembali Menguat ke Kisaran 13.900 Setelah Pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto
THINKSTOCKS
Ilustrasi rupiah dan dollar AS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada Senin (15/7/2019) pagi ini kembali menguat ke kisaran 13.900. Penguatan ini ditopang sentimen positif dari eksternal dan internal.

Di pasar spot, seperti dikutip dari data Bloomberg, pukul 09.15 WIB rupiah berada di level Rp 13.970 per dollar AS. Posisi ini menguat 0,27 persen dibandingkan penutupan akhir pekan lalu pada level 14.008.

Sentimen positif dari internal dengan adanya pertemuan Joko Widodo dengan Prabowo Subianto. Seperti dikutip dari Kontan.co.id, ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa faktor pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto turut menjadi sentimen positif untuk memperkuat kembali posisi rupiah di awal pekan ini.

Baca: Demi Galih Ginanjar di Tahanan, Barbie Kumalasari Telepon Fairuz: Diangkat Terus Dimatiin Lagi

Baca: Balasan Ayu Ting Ting Saat Video Baju Renang Mantan Istri Enji Baskoro Ini Disorot

"Rekonsiliasai antara peserta pilpres mampu memperbaiki stabilitas politik kita yang diharapkan juga mendorong stabilitas perekonomian kita," kata dia.

Sementara dari faktor eksternal, rupiah ditopang oleh isu The Fed yang akan memangkas suku bunganya. Hal ini membuat suku bunga di negara-neraga non-Amerika Serikat termasuk Indonesia menjadi lebih menarik bagi para investor.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved