Kisah Wanita Pecinta Alam Bertahan Hidup

Ada Pohon Keramat Kariwaya dan Kondisi Jalan ke Gunung Halau-halau Bikin Kaget Aprilia

Gunung Halau-halau berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Tanahbumbu.

Ada Pohon Keramat Kariwaya dan Kondisi Jalan ke Gunung Halau-halau Bikin Kaget Aprilia
Ist/Aprilia untuk banjarmasinpost.co.id
Aprilia berfoto di Gunung Sumbing 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gunung Halau-halau merupakan gunung tertinggi di Kalimantan Selatan dengan ketinggian mencapai 1901 mdpl.

Selalu punya cerita bagi kalangan pecinta alam, seperti yang dirasakan Aprilia Leonika. Menurut dia ada yang beda dibanding lokasi lainnya di Indonesia.

Gunung Halau-halau berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, dan Tanahbumbu.

Ada yang unik dari Gunung Halau Halau, tentu selain pemandangan hamparan awan yang menawan saat di puncak.

Selain itu adanya keberadaan sebuah pohon kariwaya yang besar. Pohon kariwaya merupakan sejenis beringin, berakar besar, dan tinggi. Bentuk batangnya sangat unik, yakni seperti pintu gerbang yang di tengahnya berlubang besar dan bisa dilalui manusia.

Baca: Kisah Pohon Unik di Gunung Halau Halau, Mau ke Puncaknya Masuk Lubangnya Dulu

Baca: Dua Aturan ini Wajib Dipatuhi Jika Mendaki Gunung Halau Halau

Oleh masyarakat Dayak Meratus yang bermukim di sekitar gunung ini, pohon tersebut sejak dulu sangat dikeramatkan. Konon pohon tersebut dipercaya suku Dayak Meratus sebagai tempat tinggal makhluk halus.

Aprilia leonika dari Mapala Slyva Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, mahasiswa semester tujuh ini masih aktif melakukan petualangan ke hutan.

"Ke halau-halau jadi pengalaman pertama kali naik gunung di Kalimantan. Sebenarnya kaget karena treknya beda sama di Jawa, soalnya lebih berlempung jadi lebih licin padahal tingginya lebih pendek dari yang di Jawa tapi capeknya lebih capek naik yang disini," kata mahasiswi pecinta alam yang tinggal Kos di Banjarbaru ini.

Pohon unik di Gunung Halau Halau yang memiliki cerita unik.
Pohon unik di Gunung Halau Halau yang memiliki cerita unik. (Ria Lestari kepada Yayu Fathilal/Banjarmasinpost.co.id)

Bagi dia di tiap petualangan itu punya kisah menarik, jadi pengalaman dalam hidup. Di Kalimantan Selatan dia jadi punya pengalaman masuk hutan asli Kalimantan, tahu suku asli di Kalimantan. "Gunung di Kalimantan punya trek yang berbeda dengan gunung di Jawa," kata dia.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved