Berita Kabupaten Banjar

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Bupati Banjar Gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan

Kesiapsiagaan bencana musim kemarau seperti kebakaran hutan dan lahan serta krisis air di wilayah Kabupaten Banjar dilakukan sedini mungkin.

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Bupati Banjar Gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan
Kominfo banjar
Bupati Banjar, H Khalilurrahman langsung memimpin rapat koordinasi yang berlangsung di Mahliagai Sultan Adam Martapura 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kesiapsiagaan bencana musim kemarau seperti kebakaran hutan dan lahan serta krisis air di wilayah Kabupaten Banjar dilakukan sedini mungkin.

Digelar Rapat Koordinasi Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan serta Krisis Air Bersih di Kabupaten Banjar, Selasa (16/7).

Bupati Banjar, H Khalilurrahman langsung memimpin rapat koordinasi yang berlangsung di Mahliagai Sultan Adam Martapura itu menekankan beberapa hal.

Memperhatikan bahwa wilayah Kabupaten Banjar akan memasuki musim kemarau, maka meminta seluruh elemen yang ada baik pemerintah, swasta dan masyarakat wajib untuk meningkatkan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan.

"Agar dapat mendukung progam pemerintah RI untuk menurunkan hotspot atau titik panas setiap tahunnya, serta siap untuk dimobilisasi dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan, dengan dukungan tenaga, peralatan dan dana yang cukup guna mendukung upaya pemadaman dini hingga pemadaman lanjutan secara tuntas," katanya.

Baca: Deddy Dhukun Dikabarkan Meninggal Dunia, Deddy: Itu Gosip Brother!

Baca: Curhat Aliya Rajasa Saat Antar Cucu SBY Tanpa Ani Yudhoyono, Istri Ibas Ungkap Ini

Baca: Penampakan Sosok Pacar Rosa Meldianti, Wajah dan Pekerjaan Kekasih Keponakan Dewi Perssik Disorot

Baca: Sosok Misterius Saat Ahok BTP & Puput Nastiti Devi Makan Semeja, Bersama Veronica Tan?

Baca: Keributan di Kamar Ashanty dan Anang Hermansyah di Malam Hari, Tangis 2 Adik Aurel Tak Terelakkan

Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu juga mengajak semua untuk mencurahkan tenaga, pikiran, semangat, dan kerja keras dalam meningkatkan upaya-upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Kabupaten Banjar.

Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan lakukan pemadaman sedini mungkin dan apabila belum padam, maka laporkan kejadian secepat mungkin dalam rangka memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan menyentuh rakyat.

Dia menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan merupakan salah satu bentuk bencana tahunan yang selalu terjadi di Provinsi Kalsel dan khususnya di wilayah Kabupaten Banjar.

Dampak yang paling dirasakan adalah kabut asap yang ditimbulkan setiap akibat kebakaran hutan dan lahan serta krisis air bersih pada beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Banjar selama musim kemarau, yang memberikan dampak negatif bagi kehidupan, mengganggu transportasi darat, laut dan udara bahkan sangat berdampak negatif bagi kesehatan.

Rakor ini adalah dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden RI Nomor 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat menteri tentang Antisipasi terjadinya kebakaran hutan lahan tahun 2019 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI pada hari Rabu 23 Januari 2019, Rapat Koordinasi Terkait Sinergitas Pemda TNI Polri dan para pelaku usaha dan masyarakat dalam penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalsel, pada tanggal 29 April 2019 di Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan.

Halaman
123
Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved