Berita Kalteng

Guru dan Kepsek Berhamburan Keluar Ruangan, Api Hanguskan Sekolah dan Aula Kantor Camat di Katingan

Kebakaran hebat terjadi di Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (15/7/2019) pukul 11.45 WIB.

Guru dan Kepsek Berhamburan Keluar Ruangan, Api Hanguskan Sekolah dan Aula Kantor Camat di Katingan
HO/Polres Katingan
Petugas kepolisian memasang police line atau garis polisi dalam kejadian kebakaran yang terjadi, di Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (15/7/2019) pukul 11.45 WIB. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KATINGAN - Kebakaran hebat terjadi di Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (15/7/2019) pukul 11.45 WIB. Api menghanguskan tujuh ruangan belajar di SDN-1 dan Aula Kantor Camat setempat.

Belum diketahui persis penyebab kebakaran yang terjadi di Jalan MT. Manunggal RT 02, RW.01, Desa Baun Bango, Kecanatan Kamipang , Katingan tersebut, pihak kepolisian, masih melakukan penyelidikan, hingga Selasa (16/7/2019).

Namun kuat dugaan akibat arus pendek listrik ini dilihat dari sejumlah barang bukti yang diamankan polisi antara lain, Kwh meter listrik, kipas angin yg sudah terbakar, stavol, kabel dalam PLN, kabel PLN dari tiang Listrik, dan arang.

Kapolres menyatakan, pihaknya masih memintai keterangan beberapa pihak terkait kejadian kebakaran tersebut."Kami masih melakukan penyelidikan dan memintai keterangan beberapa pihak'," ujar Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting.

Baca: Hati-hati, Ketagihan Suntik Filler Justru Bikin Wajah Tak Natural dan Aneh, Ini Kata Ahli Kecantikan

Lebih jauh dijelaskan, bangunan yang terbakar antara lain bangunan milik pemerintah, SDN 1 Baun Bango, perumahan guru dua unit lima pintu dan satu unit bangunan aula kecamatan, pihak kepolisian sudah melakukan olah TKP dan memasang polisi line di lokasi kebakaran.

Informasi terhimpun menyebut, saat kejadian guru sedang melakukan rapat di dalam ruang guru untuk pembagian tugas mengajar, secara tiba-tiba, Ibu Sukarti salah seorang saksi melihat dari jendela guru, ada asap mengepul dari atas pelapon Bangunan Aula kecamatan.

"Lalu dia berteriak kebakaran sehingga guru yang rapat bubar mendatangi ibu sukarti yang tiba-tiba pingsan. Para guru waktu itu menengok ke jendela dan melihat titik api dari arah belakang bangunan kantor aula kecamatan," ujar Amriwan, Kepala Sekolah SDN tersebut kepada penyidik kepolisian setempat.

Baca: Deputi Menteri PPN : Kalsel Wilayah Berpotensi Jadi Ibu Kota Pemerintahan

Berawal dari aula Kantor Camat, api kemudian membakar bangunan, klsekolah SDN 1 yang berdekatan sehingga api tersebut membakar semua bangunan SDN 1.

"Tidak ada korban Jiwa dalam kejadian itu.Namun, diperkirakan atas kejadian itu pihak sekolah mengalami kerugian total mencapai Rp 1,5 miliar," ujar Kapolres.

Sedangkan untuk Aula kecamatan mengalami kerugian Lebih kurang 15 juta diluar bangunan
karena sudah tidak masuk inventaris kecamatan lagi. Untuk proses belajar mengajar sementara terhenti sambil menunggu rapat bersama pihak kecamatan dan Disdik setempat. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved