Bisnis

Jelang Musim Haji, Harga Telur Naik Tipis, Harga Ayam di Kisaran Rp 26.000 per Kg

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, Selasa (16/7/2019), di Pasar tradisional Sentra Antasari, harga relatif naik namun tidak signifikan.

Jelang Musim Haji, Harga Telur Naik Tipis, Harga Ayam di Kisaran Rp 26.000 per Kg
Banjarmasinpost.co.id/mariana
Aktivitas jual beli telur di Pasar tradisional Sentra Antasari 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebentar lagi kurang dari satu bulan sudah memasuki musim Haji. Agenda keagamaan rutin tahunan ini tampaknya tidak terlalu berpengaruh terhadap harga komoditas pangan di Banjarmasin.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, Selasa (16/7/2019), di Pasar tradisional Sentra Antasari, harga relatif naik namun tidak signifikan.

Di Toko Adi N Talu misalnya, dikatakan Adi selaku owner, harga telur di toko ini belum ada perubahan yang mencolok memasuki musim haji.

"Harga partai telur ayam ras Rp 21.000 per kg naik dari Rp 500 dari harga sebelumnya sekitar dua pekan lalu. Sedangkan eceran Rp 23.000 per kg," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Harga telur itik bervariasi, telur itik Jawa ukuran kecil Rp 2.000 per butir, yang besar seharga Rp 2.600. Untuk telur itik Banjar mulai Rp 2.400-2.600 sesuai ukuran.

Baca: Bandingkan Aksesori Mewah Syahrini, Istri Reino Barack dengan Maia Estianty Hingga BCL

Baca: Sosok Wanita Lain Jemput Raffi Ahmad Dulu Setelah Selesai Rehab, Bukan Nagita Slavina

Baca: Manfaatkan MOS, Ditlantas Berikan Edukasi Etika Berlalu Lintas di SMA Islam Sabilal Muhtadin

Baca: Demi Adipura, Pedagang Buah dan Sayur di Pasar Pelaihari di Bahu Jalan Ditertibkan

Selain itu ada telur ayam kampung Rp 1.900 per butir naik dari harga Rp 1.700. Telur puyuh dibanderol Rp 350-380 per butir, serta ada pula telur asin Rp 2.800-3.000.

"Biasanya setiap musim haji trennya harga naik, yang terasa saat mendekati hari H pelaksanaan ibadah haji, namun juga tidak signifikan seperti bulan Maulid, kenaikannya berkisar Rp 500-1.000," paparnya.

Terkait pasokan, Adi menuturkan, pasokan telur di toko ini tetap lancar. Barang-barang dipasok dari Bati-bati, Tanahlaut dan Pulau Jawa.

Komoditas lainnya, ayam potong saat ini relatif stabil. Sempat anjlok awal Juli lalu, kini harga ayam berada di kisaran Rp 24.000-26.000 per kg.

"Sekarang harga ayam naik lagi dan harga sekarang sedikit normal dari sebelumnya Rp 20.000 per kg. Kalau saya jualnya per ekor," kata pedagang ayam di Pasar Sentra Antasari, Hj Rahmah.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved